Ini Penyebab HP Mati Sendiri yang Harus Diwaspadai

Terdapat banyak alasan yang  dapat membuat HP tiba-tiba mati sendiri.

Konten395 Views

Channel Indonesia –  Terdapat banyak alasan yang  dapat membuat HP tiba-tiba mati sendiri. Tentunya jika ponsel mengalami keadaan dimana tiba-tiba mati sendiri, hal ini akan sangat menjengkelkan.

Hampir semua aktivitas sehari-hari membutuhkan pengguaan HP. Sehingga tidak heran jika HP menjadi barang yang wajib selalu dibawa ke mana-mana oleh penggunanya. Di era digital sekarang  ini musibah HP tidak berfungsi apalagi mati tentu saja dapat menghambat pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya.

HP mati sendiri dapat  disebabkan banyak faktor. Sebelum memutuskan membawa HP ke service center, cari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Berikut beberapa alasan mengapa HP tiba-tiba mati sendiri.

Penyebab HP Mati Sendiri
  1. Usia HP Sudah Tua

Usia HP yang sudah tua merupakan salah satu penyebab HP sering mati sendiri. Umumnya, HP dapat bertahan dan berfungsi dengan baik sampai umur 5 tahun. Namun sebagian HP juga ada yang dapat bertahan hingga 10 tahunan, tergantung penggunaan dan perawatan.

Tanda-tanda HP sudah tua dapat berupa layar bergaris, aplikasi sering crash, baterai cepat habis atau performa yang melambat.

  1. Overheat

Penyebab HP mati sendiri bisa disebabkan oleh chip CPU dan GPU yang mengalami overheat. Dua chip ini dapat dikatakan sebagai ‘otak’ dari HP yang memiliki fungsi menjalankan berbagai aplikasi.

Apabila CPU hp dipaksa bekerja terlalu keras, bahkan sampai waktu yang cukup lama, hal ini dapat membuat performa hp menurun dan rentan mati sendiri.

  1. Penumpukan Cache

Cache yang jarang dibersihkan sangat berpengaruh terhadap fungsi HP. Cache adalah file sampah di HP yang biasanya dibiarkan begitu saja sampai menumpuk. Semakin sering seseorang menggunakan HP, cache menjadi lebih banyak. Akibatnya, aplikasi sering crash saat sedang digunakan.

  1. Baterai Rusak

Baterai adalah salah satu bagian terpenting dalam HP. Ketika performa baterai sudah tidak maksimal, hal ini dapat memicu perangkat mati sendiri.

Selain itu, baterai hp yang rusak dapat ditandai dengan daya yang lebih cepat habis, bahkan tidak sampai satu hari meski sudah dicas penuh hingga 90 persen.

  1. Sistem Operasi Error

Sistem operasi atau operating system (OS) error termasuk salah satu penyebab HP mati sendiri. Kondisi ini umumnya terjadi karena pengaruh sistem OS di HP yang masih lawas atau belum di-update. Kerusakan atau error pada sistem operasi lainnya bisa disebabkan oleh kemunculan bug dan virus.

  1. Firmware Banyak Bug

Bug pada firmware sangat berisiko pada performa HP. Selain dapat membuat HP menjadi sering mati mendadak, HP juga dapat bekerja menjadi lebih lambat. Tidak hanya itu, sistem operasi HP juga menjadi tidak stabil sehingga daya baterai cepat habis

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *