Awas, Ini  Efek Samping Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula

Kopi merupakan minuman yang terbuat dari biji kopi yang sudah dihaluskan.

Konten290 Views

Channel Indonesia  – Kopi merupakan minuman yang terbuat dari biji kopi yang sudah dihaluskan. Kopi juga menjadi minuman favorit di kalangan masyarakat. Dibalik rasa pahitnya, ternyata kopi mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, selain memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, kopi hitam juga memiliki efek ataupun dampak negatif bagi kesehatan.

Kopi hitam adalah kopi polos yang tidak mengandung krim, tanpa susu, dan tanpa pemanis. Jadi, Anda mendapatkan manfaat kopi tanpa menambah kalori, lemak, dan gula. Meskipun rasanya sedikit pahit dibandingkan jika ditambah pemanis, banyak orang menyukai secangkir kopi hitam tanpa gula yang kental.

Jika dikonsumsi dalam batas wajar, kopi hitam memang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya, konsumsi kopi hitam secara berlebihan justru dapat menimbulkan beragam efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping yang bisa timbul akibat mengonsumsi kopi hitam secara berlebihan:

Efek Samping Minum Kopi Hitam
  1. Mengganggu Tidur

Asupan kopi yang berlebihan dapat mengganggu rutinitas tidur Anda. Terlalu banyak minum kopi hitam dapat menyebabkan sulit tidur. Kurangnya waktu tidur akan membuat Anda mengantuk di siang hari dan menurunkan produktivitas.

Disarankan agar menghindari kopi beberapa jam sebelum tidur jika ingin mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

  1. Jantung berdebar

Efek samping lain yang bisa muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi hitam adalah jantung berdebar. Kafein dalam kopi hitam akan merangsang jantung berdetak lebih cepat. Oleh karena itu, konsumsilah kopi dalam jumlah sewajarnya.

  1. Kecemasan dan Stres

Terlalu banyak kopi hitam melepaskan hormon stres tingkat tinggi dalam tubuh, yang hanya menyebabkan kecemasan dan stres. Sangat mudah untuk merasa gelisah ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein.

  1. Asam Lambung

Kopi hitam kaya akan kafein dan asam, sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan keasaman pada perut. Selain itu juga berisko untuk mengalami kram dan kejang perut.

  1. Sering buang air kecil

Kopi hitam adalah minuman yang bersifat diuretik. Ini berarti kopi hitam dapat meningkatkan produksi urine, sehingga membuat Anda sering buang air kecil. Kondisi ini dapat memicu kekurangan vitamin dan mineral, bahkan memengaruhi kesehatan tulang.

  1. Sulit Menyerap Mineral

Terlalu banyak kopi dalam tubuh membuat tubuh sulit menyerap mineral dari makanan harian. Seperti zat besi, kalsium, dan seng.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *