5 Tanda Tubuh Kecanduan Kopi, Hati Hati Sulit Konsentrasi

kecanduan kafein bisa terjadi saat seseorang mengonsumsi kafein secara berlebihan

Headline, Konten263 Views

Channel Indonesia – Sama halnya dengan rokok, kopi juga dapat membuat kecanduan. Anda harus waspada dan jangan berlebihan. Simak beberapa tanda bahwa tubuh kecanduan kopi.

Kopi pada kakfein mampu menyebabkan kecanduan. Menukil Very Well Mind, kecanduan kafein bisa terjadi saat seseorang mengonsumsi kafein secara berlebihan dalam jangka waktu tertentu.

Kafein sebagaimana Anda tahu memang bisa memberikan banyak hal baik saat dikonsumsi sewajarnya. Beberapa contohnya antara lain meningkatkan suasana hati, meredakan sakit kepala, bahkan mengurangi risiko masalah medis, mulai dari stroke, parkinson, hingga alzheimer.

Tapi, jika kafein ini dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kecanduan. Saat itu terjadi, bukan manfaat yang didapat tapi justru berbahaya untuk kesehatan tubuh, termasuk kecanduan kopi.

1.Sakit kepala

Anda mungkin bisa mengalami sakit kepala hebat, terutama di pagi hari. Hal ini menunjukkan tubuh membutuhkan kopi sesegera mungkin.

Menukil Men’s Health, saat sakit kepala menyerang tubuh menunggu kafein dan pembuluh darah akan melebar. Hal ini bisa mengiritasi ujung saraf yang memicu pusat nyeri di otak. Akibatnya, kepala mulai sakit dan berdenyut.

2.Otot terasa sakit

Mengonsumsi kafein kopi yang berlebihan bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini bisa berpengaruh pada otot dan sendi. Anda bisa merasa nyeri terutama di betis, paha belakang, hingga paha yang disebabkan oleh kejang otot.

3.Tekanan darah turun

Saat melewatkan secangkir kopi pagi atau siang hari, Anda bisa mengalami detak jantung yang berdebar-debar atau lebih cepat.

Kopi adalah stimulan untuk meningkatkan tekanan darah. Makanya, ketika melewatkannya, muncul efek samping yang umum, yakni tekanan darah yang menurun. Beberapa hal yang muncul seiring dengan tekanan darah yang turun yakni, pusing, kelelahan dan merasa lemah.

4.Tidur tidak nyenyak

Kafein pada kopi bisa menurunkan kadar neurotransmitter seseorang. Termasuk serotonin yang membuat kesulitan tidur. Kalau sudah begini, jangan lagi abaikan tanda tubuh kecanduan kopi.

Tapi ketika Anda menguranginya atau tidak minum sama sekali, jam tidur juga bisa berantakan. Alasannya, mengurangi kopi tiba-tiba membuat tubuh kaget dan tidak terbiasa sehingga perlu beberapa penyesuaian yang harus dilakukan.

5. Sulit konsentrasi

Kopi memang memiliki kemampuan membuat orang lebih mudah berkonsentrasi. Maka saat menghentikannya, Anda akan mengalami kesulitan konsentrasi.

Melansir Healthline, tubuh yang terbiasa dengan kafein membutuhkan banyak untuk menghasilkan efek di awal. Tapi jika ini terus dilakukan bisa menimbulkan banyak efek yang diperlihatkan dengan sejumlah tanda tubuh kecanduan kopi.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *