Luar Biasa, Ini  Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Kopi merupakan sebuah minuman yang terbuat dari biji kopi yang sudah dihaluskan.

Konten306 Views

Channel Indonesia  – Kopi merupakan sebuah minuman yang terbuat dari biji kopi yang sudah dihaluskan. Kopi menjadi salah satu  minuman favorit di berbagai kalangan masyarakat. Dibalik rasa pahitnya, ternyata kopi mempunyai berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Kopi hitam merupakan kopi polos yang tidak mengandung krim, tanpa susu, dan tanpa pemanis. Jadi, Anda mendapatkan manfaat kopi tanpa menambah kalori, lemak, dan gula. Meskipun rasanya sedikit pahit dibandingkan jika ditambah pemanis, banyak orang menyukai secangkir kopi hitam tanpa gula yang kental.

Faktanya, bagi sebagian orang, ini adalah bagian dari makanan sehari-hari mereka. Bahkan, banyak yang mengonsumsi kopi hitam di pagi hari untuk membantu merasa berenergi dan bersiap menghadapi hari.

Kopi hitam sudah terkenal menjadi penambah energi dan bisa melawan rasa kantuk. Padahal, terdapat manfaat lain dari kopi yang bagus untuk kesehatan. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari kopi hitam tanpa gula, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat kopi dihasilkan dari kandungan berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, seperti magnesium, folat, natrium, dan kalium. Selain itu, kopi pun memiliki antioksidan riboflavin. Lantas apa saja manfaat mengonsumsi kopi hitam tanpa gula?

Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula
  1. Mencegah Risiko Terkena Kanker

Kopi sangat baik untuk mengurangi peradangan di tubuh, yang membantu mencegah perkembangan tumor. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi hitam secara teratur dapat menurunkan risiko terkena jenis kanker tertentu seperti kanker hati, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker dubur

  1. Menjaga Kesehatan Liver

Manfaat kopi hitam tanpa gula selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan liver. Terdapat banyak penyakit yang bisa menyerang liver atau organ hati, seperti kanker hati, sirosis, perlemakan hati dan hepatitis. Namun,  dengan minum kopi sebanyak dua cangkir sehari diyakini bermanfaat untuk mencegah semua penyakit tersebut.

  1. Antidepresan

Efek antidepresan kopi berasal dari kemampuannya meningkatkan jumlah serotonin dan dopamin di otak, sehingga menangkal gejala depresi seperti kesedihan, duka dan kesepian. Selain itu, kopi mengandung asam klorogenat, asam ferulat, dan asam caffeic. Asam ini membantu mengurangi peradangan sel saraf yang terjadi di otak penderita depresi dan menenangkan ketidaknyamanan dan tekanan yang terkait.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Asupan kopi hitam secara teratur pada awalnya dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, namun efek ini akan berkurang seiring berjalannya waktu. Penelitian menunjukkan bahwa minum satu hingga dua cangkir kopi hitam setiap hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Minum kopi hitam tanpa gula diketahui juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otak. Di sejumlah penelitian, kopi bisa mengurangi resiko pikun atau demensia. Demi memelihara fungsi dan kesehatan otak, ada baiknya kamu pun memenuhi asupan yang bergizi seperti dari sayur dan buah serta rajin berolahraga.

  1. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Parkinson

Sebuah penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi minuman kafein, seperti kopi dapat menurunkan resiko terserang penyakit parkinson. Selain itu, mengkonsumsi kopi pun dianggap berpeluang membantu para penderita parkinson untuk mengontrol tubuh dengan lebih baik lagi

  1. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang, bahkan mereka yang rutin minum kopi hitam, tidak menyadari bahwa minuman tersebut merupakan katalisator yang bagus untuk menurunkan berat badan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan karena alasan estetika atau kesehatan, atau Anda merasa tidak nyaman dengan tubuh Anda sendiri, bukan rahasia lagi bahwa diet adalah bagian penting dari setiap perjalanan penurunan berat badan.

Anda harus mengonsumsi makanan dan minuman yang akan membantu mencapai penurunan berat badan, dan kopi hitam adalah salah satunya. Ini karena kopi jenis ini mengandung asam klorogenat, antioksidan, merangsang aktivitas metabolisme dan meningkatkan tingkat energi Anda, sehingga menekan rasa lapar.

  1. Meningkatkan Mood dan Produktivitas

Kopi hitam menstimulasi sistem saraf, meningkatkan pelepasan neurotransmitter, seperti dopamin dan norepinefrin yang disebut ‘bahan kimia bahagia’ yang membuat Anda merasa gembira dan positif. Kafein dalam kopi hitam meningkatkan rangsangan di otak, meningkatkan mood dan memfasilitasi lingkungan yang lebih produktif dengan meningkatkan keterampilan kognitif.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *