Unik, Kursi Pesawat Ini Berhadapan Seperti Kereta Ekonomi di Indonesia

Megan Homme mengunggah video ia naik pesawat dengan kursi saling berhadapan itu di akun TikTok-nya.

Headline, Konten670 Views

Channel Indonesia – Megan Homme seorang influencer menceritakan pengalaman serunya terkait naik pesawat dengan kursi saling berhadapan seperti kursi kereta ekonomi di Indonesia.

Megan Homme mengunggah video ia naik pesawat dengan kursi saling berhadapan itu di akun TikTok-nya. Video itu menjadi viral dan telah ditonton sebanyak 3,9 juta kali.

Dalam video itu tampak penumpang pesawat saling berhadapan dengan penumpang lain karena konfigurasi tidak biasa pada tempat duduknya.

Wanita ini mengaku sebelumnya tidak pernah menemukan kursi penumpang saling berhadapan ketika naik pesawat. Pengalaman itu membuat Megan cukup canggung.

“Saya belum pernah melihat ini dalam penerbangan sebelumnya… kursi yang saling berhadapan?” tulis Megan Homme dalam keterangan video TikTok yang dia bagikan, seperti dilansir New York Post.

Homme sendiri mengaku tidak dapat menghindari kursi saling berhadapan itu, karena dia tak bisa memilih tempat duduk sebelum boarding.

Meski demikian, Homme tidak mengungkapkan soal maskapai apa yang dia naiki saat mendapat tempat duduk dengan kursi saling berhadapan tersebut.

WHY #flying #traveltiktok #plane #travelvlog ♬ original sound – vxrtzs

Beragam reaksi ditunjukkan netizen dalam kolom komentar video TikTok Megan Homme soal kursi penumpang pesawat yang saling berhadapan itu.

“Sama sekali tidak kursi saling berhadapan). (Minta) Pengembalian dana penuh,” komentar netizen soal konfigurasi kursi penumpang itu.

“Um maaf ini bukan naik kereta api,” tulis pengguna TikTok lainnya di kolom komentar.

“Seperti, apa alasannya (kursi penumpang berhadapan), ide siapa ini dan siapa yang menerima ide ini,” kata pengguna TikTok lain soal kursi pesawat yang tak lazim itu.

Tapi, belakangan diketahui bahwa kursi penumpang pesawat saling berhadapan ternyata memang ditawarkan oleh beberapa maskapai penerbangan mulai dari United Airlines sampai British Airways untuk di kelas bisnis.

Berdasarkan situs perjalanan online The Points Guy, ternyata tidak sedikit maskapai penerbangan memilih kursi saling berhadapan supaya bisa memasukkan penumpang lebih banyak di kabin kelas bisnis.

Kursi penumpang saling berhadapan menuai pro dan kontra, karena menurut berbagai ulasan, banyak penumpang yang mengeluh mual selama di pesawat. Ada pula penumpang yang jadi kesulitan menggunakan laptop, serta privasi yang berkurang.

Laporan Newsweek menyebut, pemasangan kursi penumpang pesawat dengan konfigurasi saling berhadapan memerlukan biaya lebih mahal, sehingga banyak juga maskapai yang tidak menawarkannya.

Kendati demikian, berdasarkan penelitian, jenis pengaturan kursi penumpang seperti itu justru dianggap lebih aman dibanding kursi yang menghadap ke depan.

Hal itu diungkap mantan peneliti keselamatan transportasi dari Universitas Michigan, Richard Snyder kepada majalah Smithsonian pada Oktober 2009.

Artikel itu merujuk pada Naval Aviation News edisi tahun 1952, yang menerangkan bahwa penumpang di pesawat angkut Angkatan Laut punya peluang sepuluh kali lipat lebih baik untuk keluar dari kecelakaan dalam keadaan hidup, berkat kursi yang menghadap ke belakang.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *