Pinjaman Paylater Melonjak! Tembus Rp25 Triliun

PT Pefindo Biro Kredit (IdScore) mencatat tren kredit macet paylater di semester I/2023 terus meningkat sejak Januari 2023.

Konten325 Views

Channel Indonesia – PT Pefindo Biro Kredit (IdScore) mencatat tren kredit macet paylater di semester I/2023 terus meningkat sejak Januari 2023.

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit Yohanes Arts Abimanyu mengatakan berdasarkan data di IdScore, total outstanding yang masuk ke kredit macet (DPD90+) sebesar Rp2,15 triliun per Juni 2023.

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit Yohanes Arts Abimanyu mengungkapkan salah satu penyebab peningkatan outstanding paylater adalah proses persetujuan pembiayaan yang mudah dan cepat serta promo-promo yang menarik pada e-commerce maupun merchant-merchant yang ada. “Hal ini juga didukung oleh perbaikan ekonomi pasca Covid dan lembaga keuangan baik bank, multifinance, dan P2P lending yang memberikan kemudahan bagi pembiayaan paylater,” ungkap Yohanes

Berdasarkan data di IdScore, pengguna atau debitur paylater mencapai sekitar 13 juta debitur. Angka ini lebih tinggi 2 kali lipat dibandingkan debitur penguna kartu kredit yang hanya sekitar 6 juta debitur. “Ini dapat diasumsikan bahwa penetrasi paylater lebih mudah diadopsi oleh masyarakat dibandingkan kartu kredit ataupun produk konsumtif lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Kendati demikian, Yohanes menuturkan peningkatan paylater ini sejalan dengan peningkatan non-performing loan yang mencapai 6,78 persen dibandingkan kartu kredit yang hanya 1,79 persen.

Oleh karena itu, Yohanes mengungkapkan tujuan inklusi keuangan atas penggunaan paylater perlu dibarengi dengan literasi keuangan dan mitigasi risiko yang memadai dari penyelenggara paylater, dengan menggunakan berbagai data yang dimiliki serta analisa credit scoring.

Sementara, IdScore juga mencatat tren kredit macet paylater pada paruh pertama 2023 terus meningkat sejak awal tahun. Yohanes menyebutkan berdasarkan data IdScore, total outstanding yang masuk ke kredit macet senilai Rp2,15 triliun per Juni 2023.

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *