Berikut Beberapa Manfaat Ampas Kopi

Banyak penikmat kopi yang membuang ampas kopi setelah menyeduhnya.

Konten308 Views

Channel Indonesia – Apakah anda penikmat kopi? Banyak penikmat kopi yang membuang ampas kopi setelah menyeduhnya. Padahal manfaat ampas kopi sangat banyak. Manfaat ampas kopi ini jarang diketahui bayak orang, karena sebagian besar para penikmat kopi hanya menggunakan air seduhannya saja.
Jadi, ketika Anda menikmati kopi, ada baiknya tidak membuang ampasnya. Berikut manfaat ampas kopi yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Ampas Kopi
  1. Menetralisir bau

Bubuk kopi mengandung nitrogen yang dapat membantu menghilangkan gas belerang yang ada di udara jika digabungkan dengan karbon. Dengan kata lain, ampas kopi dapat membantu menyerap dan menghilangkan bau. Ampas kopi dapat membantu menyerap dan menghilangkan bau dari lemari es, tas olahraga, atau sepatu bau Anda.

  1. Merawat lingkaran bawah mata

Sering kali di sekitar kita menemukan mata kita mengalami mata panda dan terdapat kantung dibawahnya, serta lingkaran hitam dibawah mata.Hal ini dapat diredakan dengan ampas kopi. Secara khusus, kafein dalam kopi memiliki sifat anti inflamasi dan merangsang sirkulasi darah di sekitar mata, sehingga dapat membantu mengurangi munculnya mata panda, kantung dibawah mata, dan lingkaran hitam pada mata.

  1. Mengurangi Mata Bengkak

Manfaat ampas kopi untuk menunjang penampilan tidak main-main. Tidak hanya menghilangkan mata panda dan kantung di bawah mata, kabarnya ‘limbah’ yang satu ini dapat mengurangi mata bengkak.

  1. Mengurangi tampilan selulit

Selulit adalah suatu kondisi yang membuat kulit tampak berlesung pipit dan tidak rata. Ini mempengaruhi 80–90% wanita dewasa. Kandungan kafein pada kopi diketahui dapat mencegah penumpukan lemak dalam sel dengan membatasi aktivitas fosfodiesterase (enzim untuk mengatur berbagai fungsi sel).

Hal ini berarti bubuk kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit dengan memecah timbunan lemak dan meningkatkan aliran darah ke area yang terkena.

  1. Pewarna alami

Jika Anda pernah menumpahkan kopi ke baju putih, Anda pasti tahu kalau kopi bisa meninggalkan noda. Dengan membasahi kembali ampas kopi bekas, Anda dapat membuat pewarna alami dan murah yang dapat digunakan untuk mewarnai kapas, rayon, plastik, linen, dan kertas.

  1. Pupuk tumbuhan

Kebanyakan tanah tidak mengandung unsur hara yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Oleh karena itu, sebagian besar kebun perlu dipupuk untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar tetap hidup. Ampas kopi bisa menjadi pupuk yang bagus dikarenakan  mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Mereka juga dapat membantu menarik cacing dan menurunkan konsentrasi logam berat di dalam tanah.

  1. Menanam jamur

Jamur hanya tumbuh subur dalam kondisi tertentu dan sangat sulit tumbuh. Pada tahap awal, jamur tidak dapat tumbuh di tanah kebun biasa, karena memerlukan substrat, atau bahan atau lapisan di bawahnya. Ampas kopi bekas dapat menjadi substrat yang bagus karena mengandung banyak nutrisi yang disukai jamur untuk tumbuh.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *