Tips Memilih Ban Motor yang Tepat

Ban adalah salah satu komponen penting dalam sepeda motor.

Konten382 Views

Channel Indonesia – Ban adalah salah satu komponen penting dalam sepeda motor. Komponen ini berperan meningkatkan traksi roda pada jalanan juga sebagai peredam getaran ketika berkendara.

Keberadaan dan fungsi ban sangat penting untuk melancarkan aktivitas berkendara bagi pengguna sepeda motor. Untuk itu perlu dipahami juga mengenai cara memilih ban sepeda motor yang tepat.

Seperti halnya komponen lainnya, ban motor juga memiliki batas penggunaannya. Semakin lama dan intensif digunakan, semakin cepat kondisinya akan memburuk, dan ini menandakan bahwa saatnya untuk menggantinya.

Jika Anda menggunakan motor secara reguler, disarankan untuk mengganti ban depan setelah sekitar 12 sampai 15 bulan penggunaan. Sementara untuk pergantian ban belakang mungkin Anda perlu dmenggantinya lebih awal, sekitar 10 sampai 12 bulan pemakaian.

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda menempuh jarak yang cukup jauh dengan motor Anda, misalnya lebih dari 30.000 km, disarankan untuk segera mengganti ban walaupun belum mencapai batas waktu yang telah disebutkan sebelumnya.

Tips memilih ban sepeda motor yang tepat

  1. Pilih jenis ban yang tepat

Setiap produsen ban umumnya memiliki dua varian ban, yaitu tipe basah dan kering. Di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, disarankan untuk memilih ban tipe basah.

Ban basah ini memiliki kemampuan cengkram yang sangat baik saat melewati jalan yang basah karena hujan, dan tetap memberikan traksi yang memadai saat berkendara di jalan yang kering.

  1. Pilih kualitas ban

Jangan ragu untuk memilih ban berkualitas dari produsen terpercaya. Ban dengan kualitas yang baik cenderung lebih tahan lama, lebih andal, dan lebih berkualitas.

  1. Motif atau ukiran ban

Polanya ukiran pada ban memiliki dampak besar bagi performa ban saat berada di berbagai jenis jalan, termasuk kondisi basah atau kering.

Oleh karena itu, lebih disarankan untuk menggunakan ban dengan  pola ukiran yang bergerak dalam satu arah.

Ban dengan pola ukiran yang bergerak dalam satu arah biasanya memiliki pola miring atau menyamping dengan sudut sekitar 45 derajat dari bagian depan ke belakang.

  1. Pilih ban dengan tapak sedang

Ban dengan pola tapak sedang sangat cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Karena ukurannya yang moderat, motor akan lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar. Hal ini juga akan memberikan stabilitas dan keamanan yang lebih baik.

Akan tetapi, jika Anda memilih ban yang lebih besar dari ukuran standar, seperti ban yang memiliki tiga kali ukuran lebih besar dari ban standar, maka akan ada konsekuensinya. Meskipun terlihat lebih gagah, motor akan terasa lebih berat karena mesin motor tidak dirancang untuk mendukung penggunaan ban yang tiga kali lebih besar dari ukuran standar.

Selain itu, konsumsi bahan bakar akan lebih boros karena mesin harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan ban yang lebih besar 

  1. Sesuaikan dengan ukuran velg

Ketika memilih ban untuk motor Anda, perlu mempertimbangkan juga ukuran velg motor. Jika Anda ingin mengganti velg atau ban dengan yang lebih besar dari ukuran standar yang disediakan oleh pabrikan, sebaiknya tidak meningkatkan ukuran lebih dari dua inci.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, penggunaan ban yang jauh lebih besar dari ukuran standar pabrikan dapat berdampak negatif pada kenyamanan saat berkendara motor.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *