6 Tips Mencuci Tumbler, Bersih dan Tidak Berbau

Headline, Konten381 Views

Channel Indonesia – Mencuci tumbler adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tumbler adalah sebuah tempat minum yang dapat digunakan berulang kali.

Botol minum atau tumbler menjadi segmen baru dari gaya hidup masa kini. Tumbler menjadi salah satu pilihan  yang dapat kita gunakan sebagai pengganti botol plastik sekali pakai.  Tentunya dengan menggunakan tumbler kita telah membantu menjaga lingkungan dari banyaknya sampah plastik saat ini.

Tumbler juga memiliki kelebihan yaitu dapat menahan panas dan dingin lebih lama. Sehingga air minum akan lebih lama untuk disimpan. Selain itu, tumbler juga memiliki tutup yang lebih rapat untuk mencegah tumpah dan kebocoran.

Namun, tumbler juga mempunyai kekurangan bagi para penggunanya, seperti terdapat sisa endapan  serta bau yang menempel pada tumbler. Terutama jika tumbler yang digunakan untuk tempat minuman manis, termasuk kopi dan teh. Apalagi jika tidak dibersihkan dengan baik dan tepat.

Apabila, kebersihan tumbler kurang diperhatikan, hal ini dapat mengganggu dari segi aroma dan dapat meninggalkan noda membekas di dalamnya. Lantas, bagaimana mencuci tumbler dengan benar?

Berikut ini 6 tips mencuci tumbler agar bersih dan tidak berbau.

  1. Bongkar semua bagian botol

Penting untuk membuka semua bagian pada botol tumbler agar lebih mudah dalam membersihkan dan mencuci masing-masing bagian secara efektif. Pastikan juga melepas tutup, segel dan sedotan pada botol.

Jika ingin tumblermu kembali bersih dan tidak berbau, maka kamu wajib mencuci seluruh bagian tumbler tanpa terkecuali!

Kamu juga perlu lebih memperhatikan bagian tutup dan mulut tumbler saat mencucinya karena bagian tersebut seringkali luput dari perhatian. Dan pastikan semua bagian tumbler tercuci dengan bersih.

  1. Gunakan sikat khusus botol

Selain itu, dalam membersihkan tumbler sebaiknya menggunakan sikat khusus botol yang memiliki gagang panjang agar mudah membersihkan bagian dalam botol. Hal ini dilakukan karena sebagian permukaan tumbler sulit untuk dibersihkan menggunakan spons. Dengan adanya sikat khusus botol  ini dapat membantu membersihkan permukaan dan pojokan pada tumbler. Sehingga sisa-sisa kotoran dapat dibersihkan dengan lebih mudah dan maksimal.

  1. Gunakan sabun cuci dan air hangat

Sabun cuci piring dan air angat juga dapat digunakan untuk mencuci tumbler agar menjadi lebih bersih dan dapat menghilangkan bau yang tidak sedap. Membersihkan dengan sabun dan air hangat termasuk cara yang sederhana dan dapat diikuti oleh semua orang dengan mudah.

Pertama-tama, tuangkan sekitar 2-4 tetes sabun cuci piring dan seperempat kapasitas air hangat pada botol tersebut. Setelah itu, tutup tumbler dan kocoklah secara perlahan hingga berbusa. Kemudian, buanglah busa dan bilas dengan air hangat kembali. Jangan lupa juga untuk mencuci bagian luar botol. Dengan begitu, botol akan bersih dan bau tidak sedap akan hilang.

  1. Gunakan air garam

Mencuci tumbler menggunakan garam juga terbukti ampuh dan efektif untuk menghilangkan noda dan bau tak sedap. Selain dapat digunakan untuk penyedap makanan, garam juga bemanfaat untuk membersihkan berbagai peralatan dapur dan yang lainnya termasuk tumbler.

Cara mencuci tumbler dengan garam pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan satu sendok garam beserta air hangat secukupnya. Kemudian, campurkan keduanya di dalam tumbler, lalu kocoklah dengan kuat. Lakukan beberapa kali untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Cuka atau baking soda

Cara selanjutnya yaitu, membersihkan tumbler dengan menggunakan cuka atau baking soda yang dikenal ampuh untuk mengangkat noda membandel. Memang kedua bahan ini lebih dikenal dengan bahan dapur namun keduanya memiliki sifat anti mikroba yang dapat membersihkan botol tumbler sekaligus melawan bakteri berbahaya dan mengurangi bau tidak sedap.

Caranya cukup mudah yaitu dengan membasuh bagian dalam tumbler dengan air hangat. Setelah itu, buatlah pasta dengan mencampurkan cuka,  soda atau baking soda dan air hangat. Kalau sudah oleskan pasta ke bagian dalam tumbler menggunakan sikat atau spons, lalu gosok secara perlahan dengan gerakan memutar. Kemudian, diamkan campuran tersebut selama 10-15 menit agar meresap dan dapat membersihkan bagian dalam tumbler dengan baik. Terakhir, bilaslah tumbler dengan air bersih hingga tidak ada pasta yang tersisa.

  1. Lap Hingga Kering

Setiap dapur biasanya selalu disediakan tisu untuk membersihkan sisa masakan atau untuk mengelap kering permukaan meja dapur. Hal inilah yang membuat kita terbiasa untuk selalu menggunakannya.

Ini adalah langkah terakhir ketika serangkaian proses mencuci tumbler tersebut sudah dilakukan dengan benar. Sebab, meski Anda sudah mencuci dengan berbagai metode, jika lupa mengeringkannya akan membuat tumbler justru berisiko timbul bau tidak sedap. Ini dikarenakan air yang masih menempel bisa saja masih mengandung bakteri dan berbagai kuman yang berbahaya bagi tubuh.

Tentunya dengan menerapkan tips di atas botol tumbler akan terbebas dari bau tidak sedap dan tentu akan lebih bersih serta higienis. Semoga cara tersebut dapat membantu dan dapat menjalankan hidup sehat dengan selalu minum air.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *