5 Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Stres

Stres adalah ketegangan emosional atau fisik yang muncul akibat adanya tantangan, tuntutan, atau ancaman yang dirasakan oleh seorang individu.

Konten311 Views

Channel Indonesia – Stres adalah ketegangan emosional atau fisik yang muncul akibat adanya tantangan, tuntutan, atau ancaman yang dirasakan oleh seorang individu.

Ada beberapa hal yang dapat memicu ketegangan ini, mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Ketika seseorang merasa terancam, tertantang, atau kewalahan dalam mengerjakan sesuatu, tubuh memiliki mekanisme untuk memberikan respons.

Setiap orang memiliki respons berbeda atas situasi tersebut. Namun semua orang dapat merasakan suatu respons dalam situasi stres. Perasaan yang disebut reaksi stres ini dapat berkembang selama beberapa menit, jam, ataupun hari.

Ada banyak cara untuk mengelola bahkan meredakan stres, salah satunya adalah melalui makanan.  Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan apa yang kita makan saat merasa lelah ataupun stres.

Bahkan Journal of Nutrition & Food Sciences juga mencatat bahwa stres dapat mengakibatkan peningkatan kebutuhan tubuh akan nutrisi tertentu. Mulai dari vitamin C, vitamin B, selenium, dan magnesium.

Jadi, jika suatu hari Anda merasa sedang berada di bawah tekanan, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi sebagai makanan yang bisa membantu meredakan stres:

Berikut makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan stres

  1. Kacang tanah

kacang tanah kaya akan vitamin B6 dan magnesium dan merupakan camilan sore hari yang ideal untuk dapat membantu mengurangi kembung. Selain itu, berdasarkan penelitian, polifenol dalam kacang tanah cenderung membantu daya ingat, pemikiran mental, dan kecepatan pemrosesan, yang menghasilkan penurunan kortisol, kecemasan, dan risiko depresi.

  1. Kacang mete

Kacang mete kaya akan mineral seperti zat besi dan magnesium, yang dapat meningkatkan mood Anda. Makanan ini merupakan camilan yang ideal untuk mengatasi stres di ruang rapat.

Selain itu, seseorang juga dapat memakannya dengan susu sebelum tidur untuk tidur yang lebih nyenyak. Tidak hanya itu saja, salah satu jenis kacang ini kaya akan asam amino, yang terbukti memiliki efek positif pada tingkat stres dan kecemasan

  1. Jeruk

Jeruk mampu mengontrol level stres kamu sekaligus memperkuat sistem imun tubuhmu. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat bagus. Vitamin C dalam jeruk memiliki manfaat yang jauh lebih banyak, tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini sudah terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres.

Kadar vitamin C paling tinggi dalam tubuh ditemukan secara alami pada kelenjar adrenalin. Dan penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh.

Itulah mengapa orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi  menunjukkan tanda stres mental dan fisik yang lebih baik saat mengalami tantangan psikologis akut. Terlebih lagi, mereka dapat lebih cepat kembali bangkit dari situasi stres daripada orang dengan kadar vitamin C rendah dalam darah mereka.

  1. Kelapa kering

Kelapa kering dapat memberikan Anda rasa kenyang dan meningkatkan kesehatan kulit dan rambut karena asam laurat. Selain itu, kelapa kering juga mengandung antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya dan berpotensi mengurangi stres oksidatif.

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam atau asparagus mengandung folat yang dapat menghasilkan dopamin, zat kimia otak yang merangsang kebahagiaan, sehingga hal tersebut dapat membantu Anda tetap tenang.

Sebuah studi pada tahun 2012 di Journal of Affective Disorders yang mengamati 2.800 orang paruh baya dan lansia. Dimana studi tersebut mendapati bahwa mereka yang mengonsumsi paling banyak folat memiliki risiko gejala depresi yang  lebih rendah dibanding mereka yang mengonsumsi paling sedikit float.

Studi lain di tahun 2013 dari Universitas Otago menemukan bahwa mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, lebih bahagia, dan lebih energik pada hari-hari mereka saat mereka makan lebih banyak buah dan sayuran.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *