Berbagai Manfaat Luar Biasa Kismis bagi Kesehatan

Kismis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Konten488 Views

Channel Indonesia – Kismis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kismis merupakan buah anggur yang telah dikeringkan  menggunakan teknik pengeringan. Proses pengeringan ini dapat membantu mempertahankan nutrisi yang tinggi dan menghasilkan buah kecil berwarna cokelat atau kehitaman yang kita kenal sebagai kismis. Kismis memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang khas, membuatnya cocok untuk berbagai hidangan dan makanan penutup.

Kismis, atau yang juga dikenal dengan sebutan anggur kering ini telah menjadi makanan yang populer sejak zaman dahulu. Di Indonesia, kismis sering digunakan dalam berbagai hidangan tradisional maupun modern.

Tidak hanya lezat, kismis juga mengandung berbagai manfaat kesehatan yang menakjubkan. Kismis memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Sebab, kismis mengandung kalori, protein, besi, kalsium, serat, kalium, mangan, vitamin c dan B6, dan masih banyak lainnya. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi kismis bagi kesehatan.

Manfaat luar biasa kismis bagi kesehatan
  1. Mengontrol hipertensi

Hipertensi merupakan sebuah penyakit metabolisme yang terjadi akibat tekanan darah tinggi dan tingginya LDL atau kolesterol jahat. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kismis telah membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Para ilmuwan percaya bahwa serat makanan dan potasium yang ada dalam kismis mampu mengendalikan tekanan darah dengan menurunkan kadar kolesterol tinggi sehingga tidak menumpuk di dalam pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, kandungan polifenol diketahui dapat mengurangi peradangan sehingga membantu mencegah hipertensi.

Oleh karena itu, konsumsi kismis dalam jumlah yang tepat dapat membantu mencegah penyakit hipertensi kronis pada manusia karena kismis merupakan sumber potasium, serat, dan polifenol yang baik.

  1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam kismis, dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan . Satu setengah gelas kimis mengandung 2,7 gram serat atau sekitar 6-12% dari kebutuhan harian secara umum.

Serat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit dengan cara melembutkan dan menambah berat serta ukuran feses.

Untuk itu, kismis dapat membantu memperlancar buang air besar dengan lebih lancar. Di samping itu, kismis juga mengandung prebiotik yang baik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik yang membantu proses pencernaan di dalam usus.

Dengan demikian, konsumsi kismis dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

  1. Sumber antioksidan

Kismis diketahui mengandung beragam antioksidan bermanfaat seperti quercetin, katekin, dan flavonoid. Senyawa ini membantu menetralkan spesies oksigen reaktif dalam tubuh yang bertanggung jawab memicu stres oksidatif, penyakit degeneratif, dan peradangan.

Sifat antioksidan dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan risiko penyakit metabolisme, mencegah penuaan cepat, dan menawarkan manfaat potensial lainnya bagi tubuh kita.

Oleh karena itu senyawa antioksidan dalam kismis berkontribusi terhadap kesehatan sel secara keseluruhan dan mungkin berperan dalam mencegah penyakit kronis.

  1. Mencegah anemia

Kismis dipercaya sebagai salah satu sumber zat besi. Yaitu mineral penting untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Molekul ini merupakan sebuah kunci bagi sel darah merah untuk membawa oksigen ke sel. Oleh karena itu, kandungan zat besi yang cukup secara tidak langsung mengatur transfer oksigen ke sel yang diperlukan untuk menjalankan fungsi metabolisme normal.

Memasukkan kismis ke dalam makanan dapat bermanfaat bagi individu dengan kebutuhan zat besi yang meningkat, seperti wanita hamil atau mereka yang menderita anemia.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Jenis fitonutrien dalam kismis, seperti asam oleanolic dan linoleic punya sifat anti bakteri. Studi telah menemukan bahwa efek ini dapat membatasi bakteri pembentuk plak di mulut.

Zat tersebut juga membantu menjaga tingkat pH mulut yang sehat dan mencegah air liur menjadi terlalu asam.

  1. Membantu menjaga berat badan

Kismis bisa menjadi camilan yang mengenyangkan. Hal ini dikarenakan kismis mengandung serat dan gula alami. Kismis juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting.

Selain itu, terdapat juga penelitian yang menyatakan adanya korelasi positif antara konsumsi kismis dan konsentrasi leptin plasma yang bertanggung jawab menimbulkan rasa kenyang. Oleh karena itu, memasukkan kismis dalam porsi sedang ke dalam makanan yang dapat membantu pengelolaan berat badan dengan mengurangi rasa lapar, dan menyediakan nutrisi penting.

Gula alaminya yang sangat tinggi juga dapat memberikan banyak energi dengan cepat, menjadikannya tambahan yang nyaman dan lezat untuk diet penurunan berat badan.

  1. Mecegah kanker

Sama seperti anggur, kismis juga merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini dapat bermanfaat untuk mencegah penyebaran dan uga pertumbuhan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh anda. hal ini dapat memperkecil resiko dalam terserang penyakit kanker.

  1. Mencegah penyakit kronis

Kandungan antioksidan dalam kismis, seperti fenol dan polifenol, bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih pada tubuh. Radikal bebas berlebih yang dibiarkan begitu saja berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel dan DNA . Kondisi ini akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Kismis mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan fungsi otak. Magnesium dan fosfor dalam kismis berperan dalam menjaga kognisi dan membantu mencegah masalah kognitif terkait usia.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kismis bagi kesehatan jantung tidak dapat diabaikan. Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam kismis membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *