Kenali 6 Gejala Gagal Ginjal dan Cara Mencegahnya

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit serius yang harus segera ditangani.

Konten410 Views

Channel Indonesia – Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit serius yang harus segera ditangani. Mengingat peran ginjal dalam tubuh yang sangat penting yakni menyaring racun-racun dari darah kemudian mengeluarkannya melalui urine.

Gagal ginjal disebabkan oleh kerusakan fungsi ginjal yang merupakan akibat dari berbagai hal, misal gaya hidup yang kurang sehat, diabetes, atau gangguan kesehatan lainnya.

Tidak jarang penderita penyakit ini tidak menyadari bahwa dirinya mengidap gagal ginjal karena gejala penyakit gagal ginjal tergolong susah dideteksi dari luar khususnya di tahap-tahap awal.

Berikut beberapa gejala gagal ginjal dan cara mencegahnya

A. Gejala gagal ginjal

  1. Perubahan Pada Urin Output urin menurun.

Meski terkadang jumlah output urin tnormal, namun warna pada urin akan berbeda dari sebelumnya. Serta ditemukan busa atau gelembung berlebih dalam urin menunjukkan adanya protein dalam urin.

  1. Bengkak di Anggota Badan .

Retensi cairan, dapat menyebabkan pembengkakan di tungkai, pergelangan kaki atau kaki.

  1. Otot Kram.

Ketidakseimbangan elektrolit dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kram otot.

  1. Merasa Lelah dan Lemas yang Berlebihan.

Penurunan fungsi ginjal yang telah parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi.  Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menjadi penyebab dari kelemahan dan kelelahan. Pola tidur yang tidak teratur juga sangat mempengaruhi kondisi fisik penderita penyakit ginjal.

  1. Detak Jantung Tidak Teratur.

Saat  ginjal tidak dapat berfungsi atau gagal, maka ginjal tidak dapat melepaskan bahan kimia seperti kalium, asam dan fosfat yang berfungsi mengatur keseimbangan detak jantung serta menguatkan otot jantung. Sehingga menyebabkan jantung berdebar tak beraturan.

  1. Kejang atau Koma.

Kejang atau koma menjadi gejala yang jarang ditemukan tetapi sangat berbahaya. Gejala yang satu ini harus segera diatasi dengan serius.

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera lah memeriksa kesehatan lebih lanjut pada dokter dan jangan mengabaikannya.

 B. Cara mencegah gagal ginjal

  1. Lakukan pemeriksaan rutin.

Jika tubuh merasakan gejala gagal ginjal atau sudah terkena gagal ginjal lakukan pemeriksaan rutin dan hiduplah teratur sesuai anjuran dari dokter demi kesehatan tubuh.

  1. Mengontrol Tekanan Darah.

Tekanan darah tinggi juga dapat merusak ginjal dan meningkatkan peluang  terkena penyakit gagal ginjal. Melakukan perubahan sederhana pada gaya hidup seperti mengurangi garam dan alkohol, menurunkan berat badan berlebih dan berolahraga dapat membantu menjaga tekanan darah.

  1. Kelola Gula Darah.

Kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain seperti hormon, penyakit atau stres. Seiring berjalannya waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di dalam ginjal menjadi sempit dan tersumbat serta dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan membahayakan ginjal.

  1. Makan Makanan Sehat.

Pola makan yang sehat, seperti Diet Mediterania dan Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), dapat membantu menurunkan tekanan darah dan lipid darah (lemak dalam darah). Direkomendasikan juga untuk mengkonsumsi makanan yang mencakup buah-buahan dan sayuran segar, susu dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak, biji-bijian, ikan, unggas, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

  1. Olahraga

Olahraga dapat membantu menjaga berat badan yang ideal, dapat mengontrol tekanan darah dan kolesterol, membangun kekuatan dan daya tahan, serta menurunkan peluang terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan penyakit ginjal.

  1. Berhenti Merokok

Merokok dapat menyebabkan penyakit pada setiap organ tubuh, termasuk ginjal. Maka dianjurkan untuk berhenti merokok dan hindari menghirup asap rokok langsung.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *