Ini 9 Manfaat Buah Semangka, Simbol Dukungan Palestina

Buah semangka sering disebut juga sebagai 'the fruit of Palestine' dan juga menjadi simbol dukungan untuk Palestina.

Konten370 Views

Channel Indonesia – Buah semangka sering disebut juga sebagai ‘the fruit of Palestine’ dan juga menjadi simbol dukungan untuk Palestina.
Semangka telah lama menjadi simbol solidaritas untuk Palestina. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan gambar semangka di media sosial, khususnya dalam beberapa tahun terakhir.

Selain menjadi symbol dukungan dan solidaritas untuk Palestina, semangka juga menjadi buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Buah ini banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan baik bagi kesehatan. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam buah semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat semangka bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

9 Manfaat buah semangka bagi kesehatan :
1.  Menjaga kesehatan jantung

Buah semangka mengandung senyawa antioksidan dan lycopene yang dapat membantu mengurangi ‎risiko penyakit jantung. Kandungan lycopene ini dapat membantu mengurangi peradangan dan ‎dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.‎

Selain itu, buah ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia yang dapat ‎membantu mengurangi risiko penyakit jantung. ‎

2. Mencegah peradangan pada sendi

Semangka memiliki pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin yang dapat melindungi sendi dari peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, hal ini dapat menurunkan kemungkinan terkena rheumatoid arthritis.

 3. Baik untuk kesehatan mata

Buah semangka mengandung vitamin A, C, dan lutein, yang dapat bermanfaat untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam buah ini dapat mengoptimalkan kesehatan sel pada mata.

Selain itu, antioksidan mampu melindungi kesehatan mata dari paparan radikal bebas yang memicu degenerasi makula. Kandungan air dalam semangka pun mampu menghidrasi mata sehingga menjaga kelembapan mata.

 4. Menghidrasi tubuh

Semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang baik untuk menghidrasi tubuh. Makan semangka mencegah dehidrasi dan menurunkan suhu tubuh.

Jumlah air yang banyak pada semangka dapat membantu merangsang pelepasan kelebihan cairan dalam bentuk keringat.  Kemudian, suhu tubuh dapat menurun setelah memakan semangka di tengah panasnya cuaca.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dan C pada semangka dapat membantu menjaga kesehatan kulit, dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, buah ini juga mengandung air yang sangat tinggi sehingga dapat membantu dalam menjaga hidrasi kulit tetap optimal. Asam amino dalam semangka juga dapat membantu produksi kolagen pada kulit meningkat.

Semangka juga mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Peradangan dapat menyebabkan kulit terlihat merah dan bengkak, tetapi dengan mengonsumsi semangka, kulit dapat menjadi lebih tenang dan tampak lebih sehat.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Semangkajuga  mengandung vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh .

7. Mengontrol kadar kolesterol

Buah ini mengandung serat yang tinggi dan sangat rendah lemak jenuh. Sehingga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

8. Baik bagi kesehatan pencernaan

Semangka mengandung serat makanan, yang dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu menjaga berat badan yang sehat.

9. Mengurangi risiko kanker

Lycopene dalam semangka memiliki efek antikanker yang dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker. Likopen juga dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang terjadi karena radikal bebas, yang menyebabkan perkembangan sel kanker.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan likopen, termasuk semangka, dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat.

 

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *