Dampak Gigi Berlubang Terhadap Kesehatan Tubuh

Gigi berlubang atau karies gigi, adalah  kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya lapisan  keras terluar gigi (enamel).

Konten363 Views

Dampak Gigi Berlubang Terhadap Kesehatan Tubuh

Channel Indonesia – Gigi berlubang atau karies gigi, adalah  kondisi gigi yang rusak akibat terkikisnya lapisan  keras terluar gigi (enamel). Kondisi ini Ini biasanya disebabkan oleh asam yang dihasilkan oleh bakteri dalam mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan kurang menjaga kebersihan mulut.

Proses ini dapat menyebabkan  terbentuknya lubang atau kerusakan pada gigi, yang jika tidak diobati dapat berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih serius.

Faktor  yang bisa meningkatkan risiko gigi berlubang

  1. Konsumsi gula

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi dapat memberikan sumber nutrisi bagi bakteri dalam mulut, yang kemudian menghasilkan asam yang bisa merusak lapisan enamel .

  1. Kurangnya kebersihan gigi

Tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik dapat meningkatkan risiko gigi berlubang karena sisa makanan yang menempel pada gigi dapat menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak

  1. Kurangnya fluoride

Kurangnya fluoride dalam air minum atau pasta gigi dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

Dampak gigi berlubang terhadap kesehatan tubuh

  1. Nyeri hebat

Salah satu dampak paling umum dari gigi berlubang adalah nyeri  yang tidak tertahankan. Lubang pada gigi dapat memungkinkan bakteri masuk ke dalam jaringan gigi yang lebih dalam mencapai saraf. Hal ini dapat menyebabkan nyeri yang sangat intens dan seringkali memerlukan perawatan akar gigi atau pencabutan gigi. Nyeri yang hebat ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang, termasuk makan dan tidur.

  1. Infeksi dan abses

Jika infeksi gigi tidak diobati, bakteri dapat menyebar lebih jauh ke dalam jaringan sekitar gigi. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan pembentukan abses, yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Abses gigi adalah kantong infeksi yang berisi nanah, dan jika tidak diobati, infeksinya dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui aliran darah. Infeksi gigi ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, bahkan dapat mengancam jiwa.

  1. Gangguan makanan

Gigi berlubang dapat membuat aktivitas makan menjadi aktivitas yang sangat tidak nyaman. Nyeri saat mengunyah dapat membuat seseorang menghindari makanan yang sulit dikunyah, seperti buah-buahan, sayuran, atau daging. Hal ini dapat mengganggu asupan gizi yang seimbang dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih luas.

  1. Kesehatan organ dalam

Ketika gigi berlubang dan tidak dirawat,  dan terjadi seiring dengan tubuh yang mengalami kelelahan atau  dengan kekebalan tubuh yang sedang menurun, maka kuman dalam gigi berlubang akan menyebar mengikuti pembuluh darah yang bisa sampai ke jantung, ginjal, dan seterusnya.

  1. Masalah pencernaan

Gigi berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Jika gigi rusak atau berlubang dan tidak segera diobati maka kita akan kesuliatan dalam mengunyah makanan dengan baik. Ini tentu bisa mengganggu pencernaan dan menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *