7 Cara Membuat Bodi Motor Kusam Menjadi Mengkilap

Memiliki motor yang mengkilap merupakan kebahagian tersendiri bagi kita.

Konten295 Views

Channel Indonesia – Memiliki motor yang mengkilap merupakan kebahagian tersendiri bagi kita. Apalagi bagi yang menggunakan motor sebagai kendaraan utama. Akan tetapi setelah kita gunakan sehari-hari motor menjadi lebih kusam. Bagaimana cara mengkilatkan kembali motor kita?

Berikut 7 cara membuat bodi motor yang kusam kembali mengkilap.

  1. Mencuci setelah terkena hujan

Segeralah membersihkan motor setelah terkena hujan dengan cara minimal mencucinya menggunakan air bersih. Hal ini penting  dilakukan karena air hujan sebenarnya mengandung asam nitrat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dekat laut.

Jarang membersihkan motor setelah terkena hujan dapat mengakibatkan motor menjadi berkarat. Selain itu, hal ini juga dapat merusak kilap lapisan cat motor.

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya langsung mengelap motor setelah hujan karena debu-debu yang menempel dapat menyebabkan lecet pada body motor. Hal ini dilakukan setelah mencuci motor dengan air bersih.

  1. Hindari terpapar sinar matahari langsung

Hindari paparan sinar matahari langsung saat memarkirkan motor. Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat merusak lapisan cat motor. Selain itu, suhu panas matahari juga dapat menyebabkan pernis cat motor mengalami retak-retak.

  1. Hindari penggunaan deterjen untuk mencuci motor

Pandangan umum di masyarakat adalah bahwa mencuci motor dengan deterjen lebih efektif membersihkan kotoran, terutama saat musim hujan.

Akan tetapi, sebaiknya hindari penggunaan detergen karena dapat menghilangkan warna cat motor. Untuk mencuci motor dengan aman, disarankan menggunakan shampo khusus motor yang telah dirancang untuk tujuan tersebut.

  1. Mencuci motor secara rutin

Di cuaca ekstrem disarankan untuk rajin membersihkan motor Anda, karena jika tidak dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan debu pada lapisan cat yang nantinya bisa membuat body motor tampak kusam. Untuk waktu mencuci motor idealnya dilakukan 1-2 kali seminggu. Untuk menjaga motor agar tetap mengkilap.

  1. Mengeringkan motor setelah dicuci

Setelah mencuci motor, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik dan pastikan benar-benar kering. Penting untuk memastikan tidak ada sisa air yang tertinggal di body motor setelah mencuci, karena jika dibiarkan, ini dapat menyebabkan bercak air dan mengurangi kecerahan warna motor.

  1. Pakaikan motor dengan wrapping skotlet

Menggunakan skotlet atau stiker transparan dapat efektif dalam melindungi body motor dari goresan dan sinar matahari yang berlebihan.Selain itu, skotlet ini juga dapat meningkatkan tampilan body motor, membuatnya tampak lebih berkilau dan menarik.

  1. Menggunakan minyak goreng

Ternyata, minyak goreng bukan hanya digunakan untuk memasak, tetapi juga  membuat body motor mengkilap. Namun, pastikan untuk menggunakan minyak goreng setelah mencuci motor, karena tidak akan efektif jika terkena air.

Caranya dengan menyiapkan kain yang bersih, kering, dan tentu saja lembut sebagai media. Tuangkan sedikit minyak goreng pada kain, lalu oleskan pada bagian-bagian yang tampak kusam, terutama pada bagian body motor dengan motif kulit jeruk.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *