Ini 7 Manfaat Luar Biasa Daun Kale bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Mengurangi Risiko Kanker‎

 Daun kale merupakansalah satu  jenis sayuran hijau yang mempunyai ciri fisik mirip dengan selada dan bok choy.

Konten357 Views

Channel Indonesia  –  Daun kale merupakansalah satu  jenis sayuran hijau yang mempunyai ciri fisik mirip dengan selada dan bok choy. Kale termasuk dalam  jenis sayuran cruciferous yang masih satu kerabat dengan bok choy. Kale mempunyai tekstur permukaan keriting, lebih kasar, dan kaku daripada dua jenis sayuran tersebut. Biasanya kale kerap ditemukan sebagai campuran menu salad dengan dimakan mentah ataupun diolah menjadi jus sehat yang kaya akan manfaat

Di Indonesia, daun kale masih terbilang belum banyak dikonsumsi dibandingkan jenis sayur lainnya. Padahal, terdapat segudang manfaat daun kale bagi kesehatan tubuh.

Berikut 7 khasiat daun kale bagi kesehatan.
1. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat kale adalah mengurangi risiko kanker. Senyawa klorofil yang terkandung di dalam kale membantu tubuh menghambat penyerapan amina heterosiklik. Amina heterosiklik merupakan senyawa kimia yang sering dikaitkan dengan sel kanker.

Selain itu kale juga mengandung indole-3-carbinol, zat lain yang diyakini mampu mencegah kanker. Penelitian juga menunjukan bahwa sayuran hasil silangan (termasuk kale) dapat secara signifikan menurunkan risiko tumbuhnya sel kanker.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Selain kandungan klorofil, kale juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Serat yang terdapat di dalam kale juga memberikan manfaat yang sama bagi jantung.

Daun kale juga mengandung asam empedu sequestran yang mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga mengurangi risoko penyakit jantung.

3. Mengurangi Resiko Osteoporosis

Kandungan lainnya yang terdapat dalam sayur kale adalah Vitamin K. Vitamin K dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembekuan darah. Vitamin K sangat penting bagi tubuh, karena bila tubuh kekurangan vitamin K, darah akan sulit membeku.

Selain itu, Vitamin K juga berfungsi untuk mengaktifkan protein tertentu seperti osteocalcin dalam tubuh dan memberi mereka kemampuan untuk mengikat kalsium fosfat dalam tulang dan mencegah penyakit osteoporosis. Dimana kandungan Vitamin K yang terdapat pada Kale merupakan jenis K1. Secangkir kale mengandung 7 kali angka kecukupan gizi harian untuk vitamin K.

4. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Jika Anda memiliki keadaan rambut dan kulit yang tidak sehat, ini adalah saat yang tepat untuk mengkonsumsi daun kale. Daun kale merupakan sumber beta karoten yang dapat menjaga pertumbuhan dan memelihara jaringan tubuh.

Kale juga tergolong superfood karena merupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Tidak heran kale dapat menstimulasi sintesis kolagen yang berguna membuat kulit lebih kencang.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lainnya yang terdapat dalam sayur kale adalah zat karatenoid seperti lutein dan zeaxanthin. Zat alami lutein yang ditemukan dalam sayur kale adalah yang tertinggi.

Lutein, berperan seperti antioksidan karotenoid lainnya, penting untuk menjaga kesehatan mata, termasuk mencegah degenerasi makula terkait usia dini, pembentukan katarak, dan kerusakan penglihatan. Selanjutnya, dengan mengonsumsi kale, kamu bisa menuai manfaat dari karotenoid lain, seperti zeaxanthin yang dapat menjadi pelindung mata yang kuat.

6. Membantu menurunkan berat badan

Kale merupakan makanan yang sangat rendah kalori dan mengenyangkan. Daun kale cocok untuk dikonsumsi ketika Anda sedang program defisit kalori karena merupakan sayuran dengan tingkat kalori yang rendah ditambah kandungan serat yang membantu meningkatkan perasaan kenyang saat dikonsumsi.

Kale juga dijuluki ratu sayur loh! Dengan banyaknya manfaat sayur kale tersebut tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi sayur-sayuran seperti daun kale.

7. Mencegah diabetes

Kandungan mangan dan magnesium pada daun kale diketahui mampu mengurangi risiko resistensi insulin. Hal ini membuat gula darah lebih mudah terkontrol, sehingga risiko Anda untuk terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung akan lebih rendah.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *