Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Kakap Merah

Tidak hanya ayam dan daging merah, ikan juga menjadi sumber makanan sehat tinggi protein yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh.

Konten403 Views

Channel Indonesia – Tidak hanya ayam dan daging merah, ikan juga menjadi sumber makanan sehat dengan kandungan tinggi protein yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Ikan kakap menjadi salah satu jenis ikan yang baik untuk memenuhi asupan protein dan nutrisi penting dalam tubuh.

Kakap merah merupakan salah satu jenis ikan kakap yang tubuhnya berwarna merah dan seluruh ikan kakap merah termasuk dalam famili Lutjanidae.  Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang besar, memanjang, lebar serta gepeng atau melonjong.

Kakap termasuk jenis ikan demersal dan hidup di perairan laut dalam maupun laut dangkal yang berada di perairan Samudra Atlantik dan Indo-Pasifik. Ikan kakap merah dapat dibudidayakan di tambak maupun di keramba jaring apung. Hal ini dikarenakan ikan kakap memiliki sifat  yang eurihalin.

Ikan kakap merah ini dapat ditemukan hampir di seluruh perairan di Indonesi. Seperti di perairan laut Jawa, perairan Bawean, Kepulauan Karimun Jawa, Selat Sunda, perairan bagian selatan Pulau Jawa dan beberapa perairan lainnya di Indonesia.

Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Kakap Merah

Berikut beberapa kandungan gizi dari ikan kakap merah.
  1. Ikan kakap  merah mengandung protein dan asam amino yang mudah dicerna oleh tubuh.
  2. Setiap 100 gram, ikan kakap mengandung setidaknya 20,51 gram protein.
  3. Selain itu, pada 100 gram ikan kakap merah juga mengandung mineral yang terdiri dari zat besi sebanyak 0,18 miligram dan zink sebanyak 0,36 miligram
  4. ikan kakap merah juga mengandung kalsium 32 miligram, 1,72 gram total lemak, dan 198 miligram fosfor setiap 100 gramnya.
Sedangkan untuk manfaat ikan kakap merah bagi kesehatan ialah sebagai berikut:
  1. Kandungan mineral

Kandungan mineral pada ikan kakap bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagian besar mineral pada ikan kakap dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel pada tubuh.

  1. Kandungan vitamin

Pada ikan kakap merah terdapat kandungan vitamin B yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, dan B9 atau folat. Pada vitamin B bermanfaat untuk kesehatan otak, vitamin D baik untuk kesehatan tulang, dan vitamin A berperan penting bagi kesehatan mata.

  1. Kandungan lemak baik

Rutin mengonsumsi ikan kakap merah tidak dapat menyebabkan kadar lemak pada tubuh naik. Hal tersebut dikarenakan kategori lemak pada ikan kakap termasuk lemak baik, yaitu lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh pada ikan kakap dapat membantu mendukung kesehatan organ jantung.  Lemak ikan kakakp juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung serta dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Walaupun kandungan gizi dan manfaat ikan kakap merah sangat banyak, akan tetapi mengonsumsi ikan kakap harus sesuai dengan porsinya. Seseorang cukup mengonsumsi 40 gram atau sekitar setengah ukuran telapak tangan dalam sehari.

Beragam cara pengolahan ikan kakap juga harus diperhatikan. Karena dalam pengolahan ikan kakap yang tidak sesuai dapat menghilangkan manfaat yang terkandung di dalamnya. Salah satu cara mengonsumsi ikan kakap yang tidak dianjurkan adalah digoreng. Karena menggoreng ikan kakap merah dapat menyebabkan kadar lemak jahat pada tubuh meningkat.

Seseorang tetap harus mengonsumsi asupan protein lain selain dari ikan kakap, seperti mengonsumsi daging merah tanpa lemak, telur, tahu dan tempe. Sebab tidak hanya dari ikan kakap, seseorang juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi makanan sehat lainnya seperti sayuran dan buah-buahan.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *