Manusia Bisa Melompat Hingga 9 Meter, Kok Bisa?

Manusia memiliki keterbatas dalam gerak dan aktifitas di bumi karena ada gaya gravitasi di dalamnya

Headline, Konten356 Views

Channel Indonesia – Gravitasi membuat gerak tubuh manusia menjadi terbatas, termasuk ketinggian melompat di bumi juga terbatas. Bagaimana jika manusia melompat di luar angkasa?Apakah lompatan akan menjulang sangat tinggi? Berikut penjelasan ilmiahnya.

Saat manusia berada di Antariksa, para ahli makin paham beda tempat beda pula tarikan gravitasinya, yang merupakan gaya tarik dari benda yang punya massa. Bulan, misalnya, memiliki seperenam gravitasi Bumi karena hanya punya seperenam massa Bumi.

Dengan lebih sedikit gravitasi, muncul efek yang beragam. Friksi antara permukaan, seperti antara telapak sepatu dengan tanah, bergantung kepada gaya yang mendorong permukaan secara bersamaan.

Alhasil, sedikit gravitasi berarti sepatu akan semakin licin. Hal itu pula yang menyebabkan astronaut di Apollo 11 mengembangkan cara bergerak mereka sendiri saat berada di Bulan.

Di Bumi sendiri, rata-rata orang melompat hingga ketinggian 60 cm. Seberapa tinggi orang melompat di planet lain?

Melansir Space, tinggi lompatan tergantung pada seberapa cepat tubuh Anda dapat mendorong Anda ke atas. Untuk kaki yang sama di planet yang berbeda, itu tergantung pada seberapa kuat gravitasi.

Di Bulan, Anda bisa melompat enam kali lebih tinggi daripada yang bisa dilakukan di Bumi. Misalnya, di Bumi Anda bisa melompat hingga 60 cm, di Bulan Anda bisa melompat sampai tiga meter.

Namun rekor itu bukanlah yang tertinggi. Di Pluto, karena gravitasi permukaannya hanya 0,063 gravitasi Bumi, Anda dapat melompat hingga 9 meter.

Selanjutnya, di Titan, yang menjadi bulan terbesar Saturnus, manusia bisa melompat hingga 4,3 meter berkat gravitasinya yang berada di angka 0,138 kali gravitasi Bumi.

Di antara sekian planet tersebut, gravitasi yang paling mirip dengan milik Bumi adalah di Venus. Di planet itu, gravitasinya ada di angka 0,9 yang membuat manusia bisa melompat setinggi 67 cm.

Beda tipis dengan Bumi memang. Masalahnya, planet ini bukan tempat yang tepat buat bekerja tiap hari atau berlibur.

Manusia diprediksi tidak dapat membangun pangkalan atau pakaian yang membuatnya bertahan di Venus karena suhunya yang bisa mencapai 400° Celsius.

Selain itu, tekanan atmosfernya juga 92 kali tekanan Bumi.

Jika manusia benar-benar mencapai Venus, Anda harus melakukan lompatan di pangkalan yang didukung balon yang sangat layak yang mengapung 31 mil (50 kilometer) di atas permukaan.

Berikut angka ketinggian lompatan manusia di masing-masing planet atau satelit alami:

Jupiter

Gravitasi permukaan: 2,5 g | Ketinggian lompatan: 24 cm

Kepler-44b

Gravitasi permukaan: 1,3 g | Ketinggian lompatan: 46 cm

Venus

Gravitasi permukaan: 0,9 g | Ketinggian lompatan: 67 cm

Mars

Gravitasi permukaan: 0,379 | Ketinggian lompatan: 1,58 meter

Bulan

Gravitasi permukaan: 0,165 | Ketinggian lompatan: 3,6 meter

Titan

Gravitasi permukaan: 0,138 | Ketinggian lompatan: 4,3 meter

Pluto

Gravitasi permukaan: 0,063 | Ketinggian lompatan: 9 meter(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *