Ini 7 Manfaat Konsumsi Matcha bagi Kesehatan, Mampu Menjaga Kesehatan Jantung ‎

Matcha merupakan salah satu bahan makanan yang paling populer saat ini.

Konten140 Views

Channel Indonesia – Matcha merupakan salah satu bahan makanan yang paling populer saat ini. Matcha kerap kali disajikan dalam makanan atau minuman mulai dari matcha shot, latte, teh, hingga makanan penutup yang manis. Rasanya yang khas dan begitu padu ketika dicampur dengan susu dan bahan lainnya, membuat matcha menjadi salah satu minuman yang sangat digemari. Namun, selain rasanya yang enak, ternyata terdapat berbagai manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi matcha.

Seperti halnya teh hijau, matcha berasal dari tanaman Camellia sinensis. Akan tetapi matcha diproses dengan cara yang berbeda dari teh hijau. Berbeda dengan teh hijau biasa yang langsung dipanen dan diolah, matcha bisa dibilang dibuat dengan perlakuan “khusus”. Yaitu dengan menutupnya selama 20-30 hari sebelum dipanen. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kandungan asam amino dan klorofilnya. Oleh karena itu, matcha memiliki kandungan zat gizi yang jauh lebih kaya dari daun teh

Matcha yang telah dipanen selanjutnya dikeringkan dan barulah dihaluskan. Dan bubuk matcha ini juga bisa berasal dari bagian daun dan batang teh. Matcha juga mengandung nutrisi dari seluruh daun teh dan mengandung lebih banyak kafein dan antioksidan daripada yang biasanya ada dalam teh hijau.

Berikut adalah beberapa manfaat matcha bagi kesehatan.
1. Meningkatkan fungsi kognitif

Mengonsumsi matcha dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Hal ini berkat kandungan katekin yang dapat meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan, kewaspadaan, dan memori.

Selain itu, matcha juga mengandung kafein dan L-theanin yang dapat meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kelelahan.

2. Memiliki Kandungan Antioksidan yang Tinggi

Matcha kaya akan katekin, golongan senyawa tumbuhan dalam teh yang berperan sebagai antioksidan alami. Antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya, senyawa yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian suplemen matcha pada tikus mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Menambahkan matcha ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan asupan antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.

3. Menjaga Kesehatan Hati

Hati merupakan organ yang sangat penting untuk kesehatan dan memainkan peran sentral dalam membuang racun, memetabolisme obat-obatan, dan memproses nutrisi. Beberapa penelitian menemukan bahwa matcha dapat membantu melindungi kesehatan hati.

Sebuah tinjauan 2015 terhadap 15 penelitian menemukan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit hati.

Namun, pada 2020, beberapa ahli mencatat bahwa meskipun matcha dapat bermanfaat bagi penderita penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) dengan mengurangi enzim hati, matcha dapat meningkatkan enzim hati pada orang tanpa NAFLD.

4. Menghilangkan stres

Matcha juga bermanfaat untuk membantu meredakan stres. Pasalnya, matcha mengandung kafein yang dapat memperbaiki suasana hati, mengatasi kelelahan, dan meningkatkan fokus.

Selain itu, kandungan L-theanin, salah satu jenis asam amino, dalam matcha memiliki sifat menenangkan dan meningkatkan efek dari kafein.

5. Mencegah Kanker

Matcha mengandung beberapa senyawa yang telah dikaitkan dengan pencegahan kanker dalam tabung reaksi dan penelitian pada hewan. Misalnya, matcha mengandung epigallocationchin-3-gallate (EGCG) yang tinggi, sejenis katekin yang mungkin memiliki sifat antikanker yang kuat.

Beberapa penelitian laboratorium dan hewan menunjukkan bahwa ini dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

6. Membantu menurunkan berat badan

Teh hijau terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan penurunan berat badan dan sering kali dimasukkan dalam suplemen penurun berat badan. Sebuah tinjauan 2020 menyimpulkan bahwa, bersama dengan pola makan dan olahraga, mengonsumsi teh hijau hingga 500 mg per hari selama 12 minggu dapat menurunkan indeks massa tubuh.

Meskipun sebagian besar penelitian berfokus pada teh hijau, matcha berasal dari tanaman yang sama dan mengandung senyawa serupa dengan teh hijau.

7. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat matcha lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung secara umum karena kandungan katekin yang terdapat di dalamnya.

Senyawa dalam matcha ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan memperbaiki pembuluh darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Matcha juga mengandung antioksidan, terutama EGCG (epigallocatechin gallate), yang dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan oksidatif penyebab penyakit jantung.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *