Makanan yang Membantu Jaga Kesehatan Paru-paru, Apa Saja?

Kualitas udara yang tercemar dan mengandung polusi dapat mengakibatkan dampak yang merugikan bagi kesehatan manusia.

Headline, Konten314 Views

Channel Indonesia – Kualitas udara yang tercemar dan mengandung polusi dapat mengakibatkan dampak yang merugikan bagi kesehatan manusia. Meskipun efeknya tidak langsung terasa, polusi udara memiliki potensi untuk menyebabkan berbagai penyakit, termasuk infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), gangguan kardiovaskular, penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit paru akut, dan kanker paru-paru.

Paru-paru adalah organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri, setelah terbebas dari paparan asap dan zat berbahaya.

Namun, untuk membantu proses pembersihan diri paru-paru, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang diyakini dapat membantu membersihkan paru-paru:

  1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai makanan yang dapat membantu membersihkan paru-paru. Ini karena bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melawan infeksi dan peradangan. Bawang putih juga diketahui dapat membantu meredakan gejala asma dan berpotensi mengurangi risiko gangguan paru-paru.

  1. Jahe

Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, jahe memiliki kemampuan untuk membersihkan paru-paru. Cara yang disarankan adalah dengan mengonsumsi secangkir teh jahe setiap pagi. Untuk variasi rasa, jahe dapat dicampur dengan potongan lemon dan madu. Campuran ini dapat membantu membersihkan saluran pernapasan, termasuk mengurangi lendir.

  1. Teh Hijau

Manfaat teh hijau bagi kesehatan sudah dikenal luas. Senyawa antioksidan dalam teh hijau membantu mengurangi peradangan pada paru-paru. Bahkan, teh hijau diyakini mampu melindungi jaringan paru-paru dari efek buruk asap polusi udara.

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan yang dapat membantu membersihkan paru-paru. Kandungan vitamin C, karotenoid, folat, dan fitokimia dalam brokoli memiliki potensi untuk mencegah kerusakan paru-paru. Senyawa aktif bernama L-sulforaphane yang terdapat dalam brokoli dapat mengaktifkan gen anti-inflamasi, berkontribusi pada kesehatan sistem pernapasan.

  1. Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran napas dan mengurangi gejala sesak akibat asma.

  1. Buah Bit

Buah bit mengandung nitrat yang bermanfaat bagi kesehatan paru-paru. Nitrat membantu meningkatkan penggunaan oksigen. Suplemen bit telah terbukti dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada individu dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

  1. Apel

Apel dianggap sebagai makanan yang membersihkan paru-paru karena kandungan vitamin C-nya. Vitamin C adalah antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan sistem pernapasan yang sehat. Dengan menjaga kesehatan sistem pernapasan, risiko penyakit paru-paru dapat ditekan.

 

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *