Lagi Hits! Keindahan Destinasi Wisata Liburan di Gunung Kidul

Mengunjungi Kota Jogja tentu kurang lengkap rasanya bila Anda belum menjelajah tempat wisata Gunung Kidul Wonosari.

Konten388 Views

Channel Indonesia – Mengunjungi Kota Jogja tentu kurang lengkap rasanya bila Anda belum menjelajah tempat wisata Gunung Kidul Wonosari. Kabupaten di ujung selatan sisi timur Yogyakarta ini, terkenal dengan keindahan pantai berpasir putihnya. Banyak wisata wonosari yang dapat kamu explore disini.

Anda bisa menjelajah ratusan tempat wisata pantai Jogja dengan beragam pesonanya masing-masing dalam satu waktu. Keindahan alam Gunung Kidul yang khas pun menjadi daya tarik dan pembeda dengan kabupaten di Jogja lainnya.

Sejuknya pegunungan sekaligus serunya bermain ombak bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Gunung Kidul. Ditambah lagi dengan kuliner khasnya yang lezat liburan Anda ke Jogja akan semakin sempurna.

Supaya Anda tidak bingung lagi kemana harus pergi, kami telah merangkum beberapa tempat hits terdekat Gunung Kidul yang wajib Anda kunjungi berikut ini:

1. Air Terjun Sri Gethuk

Terkenal sejak sekitar tahun 2010an dan semenjak itu selalu ramai didatangi oleh masyarakat dan menjadi Wisata gunung kidul yang tersembunyi. Berbagai macam fasilitas pendukung yang menjadikan tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata berkumpul.

Wisatawan yang datang bukan hanya warga lokal tetapi sudah didatangi dari wisatawan mancanegara. Jika ingin merasakan kesegaran Air Terjun Sri Gethuk anda bisa berada di pinggir dan memainkan airnya.

2. Pantai Baron

Pantai Baron merupakan pantai yang memiliki keunikan yaitu mempunyai mercusuar dengan keindahan pantai yang menarik di atas ketinggian. Baron adalah wisata pantai yang unik karena memiliki dua jenis air yaitu air asin dan air tawar.

Destinasi ini konon mempunyai air mengalir yang bisa berubah-ubah setiap 5 tahun sekali, menjadi pembelahan pasir sebelum mengalir ke laut. Wisatawan akan senang jika melihat fenomena aliran air ini dengan keindahan dan kehijauannya yang berwarna kebiruan.

Pantai baron juga memiliki spot foto yang menarik dan seringkali digunakan untuk pre wedding atau foto shoot lainnya. Wisatawan juga disuguhkan dan bisa membeli kuliner laut serta dapat memilih menu sendiri yang diinginkan.

3. Embung Batara Sriten

Tempat Wisata gunung kidul yang murah digunakan untuk merasakan suasana gunung dengan pemandangan bukit yang masih hijau dan segar. Embung ini merupakan waduk kecil dan masih baru dikembangkan untuk wisatawan agar tidak merasa kecewa.

Jika berkunjung ke embung Bataran Sriten ini anda bisa melakukan kegiatan yaitu hunting foto, menanam buah. Untuk menyaksikan matahari tenggelam anda juga bisa datang sebelum sore hari agar bisa menyaksikan secara langsung proses sunset.

Telaga yang tenang, udara sejuk, dan pemandangannya yang indah, membuat telaga ini tidak akan membuat kecewa jika anda camping ground. Anda juga akan mendapatkan tawaran untuk paket camping dengan fasilitas hammock dan lainnya.

4. Pantai Pok Tunggal

Pantai ini merupakan pantai yang tersembunyi dan membuat nyali serta adrenalin terguncang. Sebab perjalanan yang ditempuh cukup sulit dan tak terduga dimana nyali ditantang dengan sebatang pohon yang menjadi ikon tempat ini.

Menikmati pok Tunggal harus lengkap dengan menunggu matahari tenggelam atau menyaksikan senja di balik cakrawala langit. Untuk yang akan bermalam, sebaiknya menyiapkan tenda karena hembusan angin pantai sangat terasa di badan.

5. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng adalah pantai yang berada di gunung kidul dengan keunikan dan kebermanfaatan untuk mencoba hobi memancing. Destinasi ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di kota Yogyakarta tepatnya di kabupaten gunung kidul.

Sadeng ini awalnya digunakan untuk nelayan saja, tetapi semakin kesini, lokasi ini berubah menjadi pesat dan banyak dikunjungi para wisatawan. Beberapa objek lainnya adalah terdapatnya telaga suling atau tempat menyimpan sisa air dari sungai bengawan solo purba.

Pantai ini juga memiliki ladang palawija dengan tanah yang lembab dan memiliki lembah Panjang sekitar 7 km. Pantai ini merupakan pantai yang biasanya digunakan nelayan untuk menangkap ikan, lalu ikan tersebut akan langsung dijual.

6. Pantai Siung

Pantai Siung adalah salah satu tempat wisata pesona laut eksotis yang berada di balik tebing raksasa. Tempat ini merupakan tempatnya kental akan wisata budaya dan sejarah serta banyak terdapat wisatawan yang berkunjung dari lokal maupun mancanegara.

Destinasi ini sangat luas dan landscapenya begitu special sebab dikelilingi oleh tebing-tebing yang mempercantik lingkungan. Lingkungan dan udara yang masih bersih membuat mata dan hirupan hidung terasa sangat segar untuk menenangkan di liburan akhir pekan.

7. Kalisuci Cave Tubing

Goa kalisuci ini terletak sekitar 10 kilometer dari wonosari dan sekitar 60 kilometer dari kota Yogyakarta sendiri. Letak persis goa ini berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

8. Pantai Indrayanti

Wisata pantai Indrayanti adalah salah satu yang berada di kota Yogyakarta, khususnya di kabupaten gunungkidul. Hal yang ditawarkan oleh pantai ini adalah suasana khas pantai selatan dengan air yang begitu jernih.

9. Pantai Ngandong

Tempat wisata yang merupakan pesona perkampungan nelayan pesisir pantai selatan ini bersebelahan dengan pantai sundak. Pantai Ngandong berada di area yang sama dan hanya dibatasi bukit besar sebelah timur pantai.

Pantai ini memiliki pemandangan yang unik dan dapat dilihat adanya pulau yang berada di tengah antara lautan luas. Terdapat pula pulau yang bisa dicapai dengan jalan kaki tidak perlu menggunakan kapal nelayan mencari ikan.

10. Pantai Jogan

Pantai Jogan ini adalah pantai yang sangat unik untuk didatangi dan masih jarang terekspos oleh media karena termasuk tempat tersembunyi. Destinasi ini memiliki air terjun yang mengalir air dari atas menuju ke laut.

11. Bukit Bintang

Wisata Ini sangat terkenal dengan suasana malamnya, dengan panorama lampu kelap-kelip kota Yogyakarta. Tempat ini menyediakan fasilitas berupa toilet dan tempat makan untuk menemani kamu melihat keindahan malam kota di malam hari.

Lambat laun banyak wisatawan mancanegara pula yang ikut menyaksikan bintang gemerlap kota di setiap malam. Tempat ini banyak dikunjungi dan pastinya akan sangat ramai untuk di saksikan dari sore hingga malam hari.

12. Pantai Sundak

Pantai Sundak adalah pantai yang memiliki keunikan dengan menikmati keindahan alam melihat batu karang dengan bentuk yang unik. Wisata ini merupakan pantai yang indah dan berada di dekat gunung kidul samping pantai indrayanti.

Selain bermain air, pantai ini juga sangat indah, sambil menikmati keindahan dengan menemukan tempat persembunyian hewan laut. Pantai ini juga menyediakan fasilitas berupa toilet, mushola, dan disediakan pula untuk area camping.

13. Telaga Jonge

 

Telaga Jonge sudah ada sejak zaman kerajaan sebelum merdeka dan belum ada sejarah bahwa talaga ini kering walaupun musim kemarau. Tempat yang menyimpan banyak sekali mitos ini dapat berkembang di sekitar masyarakat.

Untuk siapapun yang akan berkunjung ke telaga jonge, nantinya akan disuguhkan keindahan yang sangat menarik dan sungguh eksotis. Selain itu ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di dalam telaga jonge.

Lokasi yang berada di dusun jonge, desa pacarejo, kecamatan semanu, gunung kidul, kota Yogyakarta. Untuk kamu yang takut nyasar, kamu hanya perlu membuka maps dan menggunakan bantuan tersebut.

14. Pantai Drini

Pantai Drini adalah objek wisata pantai yang sangat eksotis berada di kabupaten gunung kidul di kota istimewa Jogjakarta. Destinasi ini merupakan pantai yang memiliki keindahan panorama alam yang sangat indah, tebing karang nya pula yang tampak eksotis.

Wisata ini juga memiliki kejernihan air yang sangat luar biasa dan siapapun yang berkunjung pasti merasa dimanjakan oleh suasananya. Pantai drini memiliki pasir putih yang indah dan bisa menggunakan kegiatan seperti mendayung kano untuk menyebrang pulau.

15. Goa Kalisuci

Pengunjung goa ini memiliki aturan dan hanya dibatasi sekitar 100 orang saja setiap harinya. Pengunjung juga tidak boleh memiliki Riwayat penyakit jantung dan sebelum mengikuti ini, ada pengecekan kesehatan terlebih dahulu.

Goa ini memiliki keindahan yaitu berupa air yang jernih serta udara yang segar. Selain itu goa ini juga sangat kaya dengan informasi sejarah dan tidak terlepas dari unsur mistis.

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *