Viral Bahaya Minum Es Teh Setelah Makan Bakso, Apakah Benar?

Disebutkan bahwa senyawa tanin yang ada di dalam es teh dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dalam bakso.

Headline, Konten402 Views

Channel Indonesia – Saat ini tengah viral di media sosial terkait pembahasan bahayanya minum es teh setelah makan bakso. Es teh dikenal karena mwmiliki senyawa yang membuat penghambat penyerapan nutrisi.

Video ini tersebar di sejumlah platform seperti TikTok, Twitter, dan Instagram. Disebutkan bahwa senyawa tanin yang ada di dalam es teh dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dalam bakso.

Pertanyaannya, benarkah demikian?

Minum teh setelah makan adalah topik yang terus menjadi perbincangan.

Beberapa penelitian menemukan bahwa teh memberikan dampak positif untuk kesehatan pencernaan. Tapi, beberapa penelitian yang lain menyebutkan bahwa senyawa dalam teh dapat menghambat penyerapan nutrisi.

Mengutip The Health Site, teh sendiri diketahui membantu sistem pencernaan melakukan tugasnya dengan lebih efisien. Teh juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah komplikasi dalam sistem pencernaan.

Namun demikian, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa senyawa fenolik dan tanin di dalam teh dapat mengganggu penyerapan zat besi. Hal inilah yang membuat beberapa orang percaya bahaya minum es teh setelah makan bakso.

Bakso sendiri merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein hewani yang kaya zat besi dari daging sapi.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Developments in Nutrition pada 2017 lalu menemukan, tanin dapat membentuk kompleks antinutritional-mineral yang tidak larut. Hal ini mengurangi kandungan zat besi dalam makanan. Akibatnya, zat besi menjadi sulit diserap.

Padahal, zat besi sendiri merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Zat besi punya peran besar dalam pembentukan sel darah merah.

Namun demikian, bukan berarti kebiasaan minum teh setelah makan bisa berbahaya. Sebagai catatan, kebiasaan ini menjadi bahaya pada pasien yang mengalami defisiensi zat besi.

Selain itu, ditemukan juga bahwa meminum teh selama atau setelah makan dapat menurunkan kadar katekin. Nama terakhir merupakan senyawa pemberi rasa pahit dalam teh yang punya peran penting untuk kesehatan.

Katekin memiliki senyawa antioksidan paling kuat. Antioksidan sendiri diketahui dapat menjadi pelindung tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa memicu penyakit kronis.

Demikian penjelasan mengenai minum es teh setelah makan bakso. Anda yang mengalami defisiensi zat besi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *