Permainan Roleplay yang Sedang Viral, Apa Itu Roleplay?

Roleplay dalam bahasa inggris diartikan sebagai bermain peran menjadi orang lain tanpa mengungkap jati diri asli

Headline, Konten386 Views

Channel Indonesia – Baru baru ini seorang anak perempua sedang viral di media sosial yang sedang dimarahi oleh ayahnya karena ketahuan sedang bermain role playing di TikTok. Apa pengertian dari roLeplay yang viral di TikTok?

‘Role-play’ merupakan kosa kata dari bahasa Inggris yang berarti ‘bermain peran’.

Dalam Oxford Dictionary, role-play secara umum merupakan sebuah kegiatan pembelajaran di mana seseorang berperilaku seperti orang lain dalam situasi tertentu.

Istilah role-play, yang kini dikenal dengan singkatan RP, menjadi sering digunakan di media sosial seperti TikTok sebagai permainan yang dilakukan secara virtual dengan menirukan idola dalam segi sikap, cara bicara, hingga detail aktivitas keseharian.

Pemain roleplay harus bisa berperan secara online melalui teks atau video tanpa memberitahukan identitas asli mereka yang asli.

Permainan ini sebenarnya tidak berbeda dengan bermain peran ketika kecil. Bedanya, anak remaja kini memainkan roleplay atau RP lewat aplikasi di dalam gawai mereka.

Tema yang dimainkan pun kian beragam. Namun, biasanya perannya tak jauh dari sosok yang diidolakan.

Ada beberapa permainan roleplay bertema member K-pop, anime, hingga selebriti Hollywood.

Di TikTok sendiri, roleplay dapat berarti mengambil peran karakter fiksi, selebriti, atau bahkan tokoh sejarah dan mengungkapkan diri melalui video pendek.

Pengguna TikTok yang terlibat dalam permainan ini biasanya menciptakan konten yang mencerminkan karakter yang diperankan, termasuk dialog, tindakan, dan penampilan yang sesuai.

Itulah penjelasan seputar apa itu roleplay yang viral di TikTok.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *