Stunting Penyebab Tubuh Pendek Pada Anak, Ini Penjelasan Ilmiahnya

stunting bukan hanya soal tubuh pendek, namun lebih dari itu.

Headline, Konten292 Views

Channel Indonesia – Anggara dana untuk stunting di daerah dipergunakan untuk perjalan dinas dan untuk rapat. Hal ini yang membuat presiden Jokowi marah. Apa sih stunting itu?

Jokowi menargetkan angka stunting di Indonesia harus turun 14 persen di tahun 2024. Akan tetapi, dari berbagai sumber media informasi, anggaran stunting dipergunakan untuk perjalanan dinas dan untuk rapat.

Stunting menurut pengetahuan masyarakat merupakan anak yang bertumbuh pendek, Namun, Apa sih pengertian stunting?

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada balita akibat kurang gizi dalam jangka panjang, paparan infeksi berulang, dan kurang stimulasi.

Namun, stunting juga dipengaruhi status kesehatan remaja, ibu hamil, pola makan balita, serta faktor ekonomi, budaya dan lingkungan termasuk sanitasi dan akses terhadap layanan kesehatan.

Kondisi fisik yang terlihat pada anak stunting adalah memiliki tubuh yang pendek dibanding anak seusianya. Akan tetapi, permasalahan stunting bukan hanya anak bertubuh pendek namun lebih daripada itu.

“Rata-rata yang stunting itu berpikir lambat, IQ-nya rendah,” kata Agnes Tri Harjaningrum, dokter anak di RS Permata Depok, saat ditemui dalam diskusi media beberapa waktu lalu.

Faktanya, anak yang mengalami stunting dimulai dari usia 3 bulan tetapi hal ini berpengaruh pada usia dewasa. Agnes menuturkan selain perkembangan fisik bermasalah, sistem kekebalan tubuh dan perkembangan otak juga bermasalah.

Hal ini penting untuk diketahui oleh orangtua mengenai stunting dan penyebab anak mengalami stunting salah satu penyebabnya adalah kekurangan gizi dan pemberian nutrisi yang baik.

“Jadi kunci agar anak tidak stunting ya edukasi terhadap orang tua dan tentunya makanan sehat bergizi untuk anak,” ujarnya.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *