Intip Yuk, 9 Kuliner Lezat Khas Malang

Malang memiliki cita rasa makanan yang sangat unik dan lezat

Headline, Konten384 Views

Channel Indonesia – Malang merupakan kota yang memiliki keindahan akan pariwisata nya. Namun, ada beberapa kuliner khas Malang yang menjadi rekomendasi makan terlezat yang tidak boleh anda lewatkkan.

Selain dari Harganya yang ramah di kantong, kuliner khas Malang memiliki cita rasa makanan yang lezat dan unik.

Makanan rekomendasi ini sangat mudah untukk ditemukan di kota Malang, sehingga anda tidak kesulitan mencari kuliner lezat ini.

Dirangkum dari buku Makanan Tradisional Indonesia (2019) oleh Umar Santoso dkk, berikut sembilan makanan khas Malang yang legendaris dan lezat!

1. Bakso Malang

Kurang lengkap rasanya jika ke Malang tidak mencicipi baksonya. Bakso khas Malang memiliki cita rasa kaldu yang unik, tekstur bakso, serta ragam isian yang berbeda dengan bakso-bakso daerah lainnya.

Anda pun tidak akan kesulitan menemukan kedai bakso di Malang. Salah satu yang terkenal adalah Bakso President yang telah berdiri sejak 1977.

Makanan yang satu ini berisi bakso, mi kuning, pangsit goreng, siomai, dan tahu yang disiram dengan kuah kaldu. Anda juga bisa menambahkan saus dan kecap sesuai dengan selera.

2. Nasi pecel

Nasi pecel merupakan sajian khas Malang yang sederhana dan biasanya disantap sebagai menu sarapan. Nasi pecel adalah kombinasi nasi yang dilengkapi dengan sayuran rebus, rempeyek, dan bumbu kacang.

Salah satu nasi pecel yang terkenal dan legendaris di Malang adalah Pecel Kawi 1975. Jika ingin berkunjung sebaiknya datang lebih awal di jam sarapan dan menjelang makan siang.

3. Sego goreng mawut

Sego goreng mawut atau nasi goreng mawut adalah makanan khas Malang yang unik, yakni menggabungkan nasi dan mi dalam sajiannya.

Untuk rasanya sendiri berbeda dengan nasi goreng biasanya, sebab sego goreng mawut lebih kaya akan rempah sebagai ciri khas masakan Jawa Timur yakni rasa asin pedas.

4. Soto geprak

Bagi pencinta kuliner malam, soto geprak dapat menjadi pilihan. Soto khas Malang ini mempunyai rasa yang lezat dan khas.

Penggunaan nama geprak sendiri berasal dari teknik pengolahan daging yang dipukul-pukul atau dalam bahasa Jawa adalah geprak.

5. Rawon

Rawon or beef black soup is one of Indonesian traditional food. made from beef, keluak (pangium edule), bean sprouts and various kinds of seasonings.Ilustrasi. Makanan khas Malang memiliki cita rasa yang lezat, salah satunya rawon (iStockphoto/Muhammad Senopati)

Rawon merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur dengan ciri khasnya memiliki warna cokelat kehitaman. Kuah rawon yang pekat berasal dari bumbu-bumbu dan keluak.

Menu yang satu ini terasa nikmat disantap selagi hangat bersama nasi putih dan pelengkapnya, seperti taoge pendek, kemangi, dan irisan mentimun.

6. Rujak cingur

Makanan khas Malang selanjutnya adalah rujak cingur. Makanan yang satu ini tak hanya terkenal di Malang tetapi juga di kota-kota di Jawa Timur.

Rujak cingur berbahan utama cingur atau mulut sapi yang diolah dengan bumbu rempah sehingga memberikan cita rasa yang nikmat.

Rujak cingur disajikan dengan sayuran, irisan tahu, tempe, taoge, kacang panjang, dan kerupuk. Kemudian disiram dengan saus petis yang kental dan khas.

7. Tahu campur

Sama seperti soto geprak, tahu campur adalah kuliner Malang yang sering dijajakan di malam hari. Tahu campur berisikan taoge, mi, sawi dan ditambah kerupuk. Kemudian disiram menggunakan kuah dan saus petis.

8. Mendol

Mendol merupakan perkedel yang terbuat dari tempe. Malang sendiri dikenal sebagai salah satu kota penghasil tempe terbaik di Indonesia.

Mendol memiliki tekstur yang kesat dan padat sehingga cocok menjadi pelengkap makan. Makanan ini biasanya dijual di warung makan di Kota Malang, terutama pada warung nasi pecel lele atau rawon.

9. Orem-orem

Orem-orem merupakan makanan berkuah berbahan dasar tempe yang digoreng dan diiris tipis. sebelum digoreng tempe ini diberikan bumbu khas yang membuatnya terasa lezat.

Makanan ini disajikan dengan suwiran daging ayam, telur asin rebus, dan kuah santan yang sangat kental.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *