8 Tanda Kecerdasan yang Tidak Kamu Sadari, Ada di Kamu?

Orang cerdas cenderung memiliki ciri ciri khusus, diantaranya rasa ingin tahu yang tinggi dan selera humor yang bagus.

Headline, Konten429 Views

Channel Indonesia – Orang cerdas bukanhanya dilihat dari nilai pada hasil test Intelligence Quotient (IQ). Orang cerdas cenderung memiliki ciri ciri khusus, diantaranya rasa ingin tahu yang tinggi dan selera humor yang bagus.

Ciri-ciri orang cerdas ini juga didukung oleh penelitian dan pendapat ahli. Bahkan beberapa pandangan didasarkan pada penelitian psikologis. Berikut ini ulasan ciri-ciri yang dimiliki orang cerdas dilansir dari media.

8 Ciri-ciri yang dimiliki orang Cerdas

 1 .Mudah Beradaptasi

Penelitian psikologis mengatakan bahwa kecerdasan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mengubah perilaku untuk mengatasi lingkungan secara lebih efektif, atau membuat perubahan pada lingkungan tempat kita berada.

2. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tak Terpuaskan

Ilmuwan jenius Albert Einstein diketahui pernah berkata bahwa dirinya tidak memiliki bakat khusus, melainkan hanya memiliki rasa ingin tahu dengan penuh semangat. Gagasan semacam ini juga ditunjukkan dalam penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2016 di Journal of Individual Differences. Studi tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan masa kanak-kanak dan keterbukaan terhadap pengalaman yang mencakup keingintahuan intelektual di masa dewasa.

3. Banyak Membaca

Orang cerdas cenderung menjadi pembaca yang rakus. Tak hanya membaca pengetahuan atau buku-buku, tetapi membaca segala tanda alam, situasi, kondisi, dan lingkungan di sekitarnya.

4. Memahami bahwa Ada Banyak yang Tidak Diketahui

Meski orang cerdas banyak membaca dan memiliki pengatahuan luas, hal itu tidak membuat mereka banyak tahu. Sebaliknya, orang cerdas selalu memahami bahwa semakin banyak tahu, semakin menyadari ada banyak hal yang tidak diketahui. Pemahaman ini juga berkaitan dengan rasa ingin mempelajari terus menerus orang cerdas.

5. Berpikiran Terbuka

Orang pintar mungkin selalu memiliki ide kreatif dan cemerlang. Di sisi lain, orang yang benar-benar cerdas tidak hanya punya ide, tetapi juga terbuka dengan ide atau peluang baru lainnya.Psikolog mengatakan bahwa orang yang berpikiran terbuka mampu mencari sudut pandang alternatif dan menimbang bukti secara adil. Pada saat yang sama, mereka juga berhati-hati tentang ide dan perspektif mana yang mereka adopsi.

6. Memiliki Pengendalian Diri yang Tinggi

Para ilmuwan telah menemukan hubungan antara pengendalian diri dan kecerdasan. Dalam satu studi dalam jurnal Psychological Science, peserta harus memilih antara dua imbalan finansial: pembayaran yang lebih kecil segera atau pembayaran yang lebih besar di kemudian hari.

Hasilnya menunjukkan bahwa peserta yang memilih pembayaran lebih besar di kemudian hari, mereka yang memiliki kontrol diri lebih tinggi dan umumnya mendapat skor lebih tinggi pada tes kecerdasan.

Para peneliti di balik studi itu mengatakan bahwa satu area otak yakni korteks prefrontal anterior, mungkin berperan dalam membantu orang memecahkan masalah sulit dan menunjukkan pengendalian diri saat bekerja menuju tujuan.

7. Menghargai Humor Gelap

Dark jokes atau humor gelap umumnya tidak diterima oleh kalangan luas karena beberapa hal terkait norma dan lainnya. Namun, sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa orang cerdas memiliki selera humor yang tidak biasanya atau bisa menghargai humor gelap.

Studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Cognitive Processing menemukan bahwa orang yang mendapat skor lebih tinggi pada tes kecerdasan verbal dan nonverbal kemungkinan besar akan menikmati dan memahami humor gelap. Mereka yang menghargai humor gelap tidak tampak terganggu atau agresif.

8. Peka terhadap yang Orang Lain Rasakan

Orang yang cerdas secara emosional hampir bisa merasakan apa yang dipikirkan atau dirasakan seseorang. Beberapa psikolog berpendapat bahwa empati selaras dengan kebutuhan dan perasaan orang lain. Orang yang memiliki empati bertindak dengan cara yang peka terhadap kebutuhan tersebut. Individu yang cerdas secara emosional biasanya sangat tertarik untuk berbicara dengan orang baru dan belajar lebih banyak tentang mereka. ( Dari berbagai sumber/Annisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *