Inilah 8 Manfaat Menakjubkan Buah Durian Bagi Kesehatan ‎

Durian (Durio zibethinus) merupakan alah satu buah yang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat.

Konten335 Views

Channel Indonesia – Durian memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Durian (Durio zibethinus) merupakan alah satu buah yang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat. Tekstur dagingnya yang lembut , rasa manis, dan baunya yang khas sangat banyak disukai oleh penggemar nya. Akan tetapi banyak juga yang menghindarinya karena baunya yang tajam.

Selain rasanya yang manis dan sedap disantap, buah durian ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita.  Berikut ini manfaat durian yang perlu untuk diketahui.

Manfaat Buah Durian
1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan potassium dalam buah ini  dapat mencegah penyakit jantung  dengan menurunkan lemak tidak sehat dan kadar kolesterol dalam darah .Organosulfur dalam durian juga dapat mengatur enzim inflamasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan serat dalam durian juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C) dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

2. Mengatasi Insomnia

Durian memiliki senyawa bernama triptofan, yang bisa memberikan efek mengantuk (sedasi). Selain itu, kandungan vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi juga berkontribusi terhadap kualitas tidur yang baik. Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, mengonsumsi durian secara teratur dapat menjadi solusi.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Buah ini mengandung polifenol yang memiliki efek antikanker. Oleh sebab itu, konsumsi durian dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko kanker.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam buah durian dapat membantu melancarkan buang air besar. Selain itu juga dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Thiamin dalam durian juga dapat meningkatkan nafsu makan dan kesejahteraan umum pada orang tua. Serat dalam buah durian juga dapat merangsang gerak peristaltik. Dimana hal ini dapat meringankan proses pencernaan di usus.

5. Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Mangan dalam durian dapat membantu menjaga kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian, asupan durian juga meningkatkan kurva respons insulin pada 10 pasien diabetes. Antioksidan dalam durian juga membantu mengurangi stres oksidatif, dimana stresoksidatif ini dapat memperburuk gejala diabetes. Durian juga memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah. Oleh karena itu, durian tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

6. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat durian lainnya adalah mengatur tekanan darah. Manfaat ini berasal dari kandungan potasium dan kalium. Keduanya bekerja secara aktif dengan melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga peredaran darah pada tubuh menjadi lebih lancar.

7. Mencegah Depresi

Kandungan asam amino esensial triptofan di dalam durian bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin. Manfaatnya tidak hanya meningkatkan kualitas tidur saja, tapi juga sebagai penstabil suasana hati. Hal ini berdampak pada penurunan kadar depresi dan kecemasan dalam tubuh.

8. Mencegah Penuaan Dini

Buah durian mengandung banyak antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Sel-sel tubuh pun dapat terhindar dari kerusakan. Dengan begitu, dengan konsumsi durian dapat membuat lebih awet muda!
(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *