‎8 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Nanas bagi Kesehatan

Nanas atau Ananas comosus merupakan buah yang dapat tumbuh subur di daerah tropis, termasuk Indonesia.

Konten213 Views

Channel Indonesia – Nanas memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Nanas atau Ananas comosus merupakan buah yang dapat tumbuh subur di daerah tropis, termasuk Indonesia. Buah nanas banyak dikenal masyarakat karena rasanya yang lezat dan menyegarkan.  Terlebih lagi, nanas juga merupakan buah serbaguna yang dapat dinikmati dengan banyak cara.

Nanas memiliki rasa asam dan manis yang menyegarkan tubuh dan sering diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti jus, selai, rujak, sambal dan lain sebagainya

Selain rasanya yang enak, nanas juga mengandung banyak Vitamin dan nutrisi penting yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat konsumsi nanas bagi kesehatan?

Manfaat konsumsi buah nanas bagi kesehatan
1. Membantu Penyembuhan Jaringan

Nanas merupakan salah satu buah yang mengandung bromelain, yaitu sebuah enzim yang dapat membantu proses penyembuhan kulit dan jaringan tubuh. Bromelain akan menghasilkan zat yang dapat melawan rasa sakit dan bengkak. Mengonsumsi bromelain dari nanas juga dapat membantu mempercepat penyembuhan kulit pasca operasi atau cedera.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah nanas memiliki kandungan antioksidan, yaitu vitamin C, yang memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya dari berbagai penyakit.

3. Mengatasi dan mencegah sembelit

Sembelit atau sulit buang air besar juga bisa mereda dengan mengonsumsi nanas. Manfaat nanas ini tidak hanya berasal dari serat, tetapi juga berkat kandungan airnya yang terbilang tinggi serta enzim bromelain yang membantu melancarkan pencernaan.

4. Meredakan nyeri  sendi

Kandungan bromelain pada buah nanas memiliki efek antiradang. Hal ini yang membuat buah nanas dapat bermanfaat untuk membantu meredakan berbagai keluhan nyeri akibat peradangan, terutama nyeri sendi.

5. Menjaga kesehatan tulang

Buah nanas memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya kalsium nya saja, tembaga yang ada dalam buah nanas ternyata juga dapat memberikan efek yang sama terhadap kesehatan tulang.

6. Mengurangi risiko kanker

Buah nanas memiliki kandungan Enzim bromelain yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu mengurangi risiko kanker.

7. Mengontrol tekanan darah

Kalium, serat, dan antioksidan dalam nanas dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrolnya agar tetap stabil. Selain itu, efeknya terhadap kadar kolesterol di dalam darah juga secara tidak langsung dapat mencegah penyakit darah tinggi (hipertensi).

8. Menurunkan kolesterol

Manfaat buah nanas dalam membantu menurunkan kolesterol diperoleh dari kandungan serat dan antioksidan di dalamnya yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

‎(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)‎

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *