2 Cara Mengatasi Akun Instagram yang Kena Hack

Instagram merupakan salah satu platfrom media sosial terbesar yang sering digunakan oleh sebagian banyak orang.

Konten277 Views

Channel Indonesia – Instagram merupakan salah satu platfrom media sosial terbesar yang sering digunakan oleh sebagian banyak orang. Tidak heran jika banyak kasus pengguna Instagram yang mengalami masalah akun di-hack alias diretas Di era digital ini, para pelaku cybercrime mempunyai berbagai metode untuk meretas atau melakukan hack pada akun Instagram.

Menyadari adanya ancaman tersebut, Instagram terus mengembangkan fitur-fitur yang dapat menunjang keamanan dan memberi perlindungan akun pengguna dari hacker.

Baru-baru ini, perusahaan induk Instagram, Meta meluncurkan 2 fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memulihkan akun Instagram terkena hack atau peretasanretas.

Berikut 2 cara memulihkan akun Instagram yang kena hack.

  1. Via Instagram Hacked

Pengguna Instagram kini dapat memulihkan akun yang terkena hack melalui laman situs Instagram Hacked. Laman ini didesain khusus untuk membantu menyelamatkan akun pengguna yang telah diretas.

Berikut langkah-langkah memulihkan akun Instagram kena hack via laman Instagram Hacked.

  • Pergi ke situs resmi Instagram.com/hacked, atau klik link berikut.
  • Nantinya kamu akan diberikan pertanyaan terkait alasan mengapa kamu tidak bisa masuk ke akunmu.
  • Kemudian pilih opsi jawaban “Akun saya diretas”.
  • Setelah itu, masukan nama pengguna, nomor hp, atau email yang kamu gunakan agar Instagram dapat mengidentifikasi akun kamu.
  • Selanjutnya, ikut bimbingan dari Instagram untuk memulihkan akunmu yang diretas.

Selain dapat menyelamatkan akun yang terkena hack, laman Instagram.com/hacked juga dapat berfungsi untuk membantu pengguna yang kehilangan akses akun atau masaalah sejenisnya.

Jika kamu tak bisa login ke akun Instagrammu, kamu dapat mengakses laman Instagram Hacked dan mengajukan keluhan dan upaya pemulihan akun.

  1. Via Request Help From Friend

Cara kedua untuk memulihkan akun Instagram yang diretas adalah melalui fitur Request Help from Friends.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk meminta tolong 2 orang teman mereka di Instagram untuk memverifikasi identitas pengguna yang akunnya terkena hack.

Verifikasi ini dibutuhkan agar pengguna yang kehilangan akses ke akunnya dapatmasuk kembali ke akun Instagram mereka.

Dilansir dari situs resmi Instagram, teman yang dimintai pertolongan harus mengkonfirmasi identitas pengguna dalam kurun waktu 24 jam.  Jika tidak, pengguna haru kembali mencari 2 taman lainnya yang bersedia memverifikasi identitas akun.

Berikut langkah-langkah menggunakan fitur Request Help from Friends.

  • Kunjungi situs help.instagram.com, kemudian pilih menu Privacy & Safety;
  • Selanjutnya klik Report Something lalu Hacked Account. Pilih opsi “I Think my account has been hacked”, setelah itu pilih Report it to us;
  • Setelah melaporkan bahwa akun Anda diretas orang lain, periksa akun email untuk melihat balasan pesan dari Instagram;
  • Setelah itu, Instagram akan mengirimkan instruksi lengkap dengan meminta menuliskan nama akun, nama lengkap, dan kata sandi;
  • Jika sudah mengirimkan instruksi sebelumnya, nantinya akan mendapat email balasan otomatis dari Tim Dukungan di Facebook;
  • Lakukan verifikasi identitas dengan memberikan alamat email dan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar dan jenis perangkat yang digunakan saat mendaftar;
  • Kemudian tunggu beberapa hari, akun Instagram kemungkinan akan kembali pulih dan bisa ditemukan di kolom pencarian.

Meski telah melakukan cara di atas, perlu diketahui bahwa akun Instagram yang hilang juga sebenarnya dapat disebabkan karena pelanggaran peraturan.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *