Penting! Hal Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sikat Gigi

Untuk menjaga kesehatan gigi diperlukan peralatan pendukung yang berkualitas seperti sikat gigi. Oleh sebab itu penting nya menyikat gigi dengan benar didukung oleh sikat gigi yang berkualitas.

Headline, Konten476 Views

Channel Indonesia – Kebersihan mulut tidak bisa disepelekan begitu saja. Pasalnya kesehatan gigi dan mulut merupakan pondasi pada kesehatan tubuh yang lainnya.

Dilansir dari Media, masalah pada kesehatan mulut ini dapat menjadi faktor utama munculnya sejumlah masalah kesehatan serius. Kesehatan pada mulut ini dapat berakibat pada munculnya masalah diabetes dan penyakit jantung.

Untuk menjaga kesehatan gigi diperlukan peralatan pendukung yang berkualitas seperti sikat gigi. Oleh sebab itu penting nya menyikat gigi dengan benar didukung oleh sikat gigi yang berkualitas.

Terdapat berbagai jenis sikat gigi yang saat ini bisa kamu temui di pasar swalayan secara mudah. Ada hingga puluhan jenis dan bentuk dari berbagai merek berbeda mengenai sikat gigi ini.

Ukuran dan Jenis Bulu Sikat

Ukuran kepala sikat yang kamu pilih dapat menentukan bagaimana mudahnya sikat tersebut masuk ke mulut dan menyentuh gigimu. Pada sebagian orang dewasa, kepala sikat dengan lebar sekitar setengah inci serta tinggi satu inci merupakan yang paling mudah dan efektif untuk digunakan.

Jika ukuran kepala sikat yang dipilih terlalu besar, maka akan kesulitan untuk melakukan berbagai manuver di dalam mulut untuk membersihkan area tertentu. Gagang sikat sebaiknya juga cukup panjang agar tetap nyaman digenggam.

Jenis bulu sikat

Terdapat beberapa jenis bulu sikat yang dapat kamu pilih pada saat ini. Jenis bulu sikat yang paling umum dijumpai adalah extra soft, soft, medium, dan hard.

Bagi banyak orang, pilihan jenis bulu paling aman adalah soft. Pemilihan jenis sikat ini juga dapat disesuaikan dengan kekuatan gigi kamu sehingga bisa memilih jenis sikat hard atau medium. Jika memilih sikat terlalu keras maka gigi dan gusi dapat terluka dan membuat lapisan email terkelupas.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ujung dari bulu sikat gigi. Pilih yang memiliki ujung bulat agar tidak menyakiti gigi ketika menyikat.

Itu lah hal yang penting kamu ketahui dalam memilih jenis sikat gigi yang kamu gunakan. Namun, untuk memilih jenis sikat gigi dengan lebih baik dan tepat, periksakan gigimu ke dokter.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *