Terdapat Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare, Ada Makanan Lezat dan Bergizi

Diare merupakan feses yang berbentuk sangat cair yang keluar saat buang air besar, terjadi selama berkali kali dalam satu hari

Headline, Konten306 Views

Channel Indonesia –  Ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dimakan saat mengalami diare, Bukannya menyembuhkan makanan ini justru memperparah perut anda.

Diare merupakan kondisi dimana feses menjadi sangat cair dan perut sangat sakit saat buang air besar. Buang air besar dalam bentuk cair terjadi berkali kali dalam satu hari.

Diare bukan penyakit kronis yang memerlukan penanganan medis khusus. Dalam banyak kasus, diare hanya berlangsung beberapa hari.

Mengutip laman Mayo Clinic, diare biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Misalnya saja sakit perut, kembung, mual-muntah, demam, hingga frekuensi buang air besar yang meningkat.

Makanan berperan penting dalam penanganan diare. Ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, ada juga yang perlu dihindari.

Makanan yang perlu dihindari saat diare

Yogurt dan makanan-makanan sederhana minim pengolahan lainnya bisa membantu mengatasi diare. Namun di luar itu, ada juga makanan yang tak baik dikonsumsi saat diare. Apa saja?

1.Es krim

Anda perlu menghindari asupan es krim dan produk susu lainnya seperti mentega dan keju. Produk susu adalah makanan terburuk untuk diare.

Mengutip Everyday Health, beberapa produk susu memang bisa memperparah diare, kecuali yogurt. Beberapa penelitian menemukan, probiotik pada yogurt membantu menyeimbangkan bakteri baik di usus dan mempersingkat durasi diare.

2.Minuman bersoda

Minuman bersoda memang nikmat diteguk saat cuaca panas. Namun, hindari dulu minuman ini jika Anda tengah mengalami diare.

Minuman bersoda dengan kandungan gula yang tinggi dapat menimbulkan masalah tambahan. Gula dapat membanjiri sistem pencernaan dan menyebabkan kembung.

Alih-alih dengan minuman bersoda, penuhi kebutuhan cairan tambahan saat diare dengan air mineral.

3.Gorengan

Mengutip Very Well Health, makanan berlemak dapat mempercepat kontraksi usus. Kondisi ini dapat memperburuk diare.

4. Brokoli

Meski dianggap sebagai superfood, namun hindari brokoli saat diare. Sayuran sehat satu ini bisa memicu produksi gas berlebih pada pencernaan. Dengan demikian, diare bisa semakin parah.

Selain brokoli, beberapa makanan lain yang bisa memicu produksi gas di antaranya kubis, kembang kol, bawang, buah pir, hingga buah plum.

5.Kopi susu

Pada dasarnya, kafein pada kopi tidak menyebabkan diare. Namun, kafein bisa mengiritasi sistem pencernaan. Dalam kondisi diare, Anda tentu perlu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Kondisi bakal lebih parah jika Anda meminum kopi yang dicampur dengan susu. Produk susu sendiri dikenal dapat memperburuk diare.

6.Apel

Buah satu ini perlu dihindari jika Anda mengalami diare akibat sindrom iritasi usus besar (IBS). Dalam kondisi ini, seseorang perlu menghindari makanan dengan FODMAP tinggi. Makanan dengan FODMAP tinggi bisa memicu gejala IBS.

FODMAP sendiri merupakan jenis karbohidrat yang ditemukan di banyak makanan. Selain apel, beberapa makanan lain juga mengandung FODMAP yang tinggi seperti bawang putih, bawang merah, mangga, ceri, produk susu, madu, kacang almond, dan masih banyak lagi.

7.Jeruk

Mengutip WebMD, tingginya kandungan serat dan asam dalam jeruk dan beberapa buah sitrus lainnya bisa memicu sakit perut. Anda perlu mengurangi makanan jenis ini saat diare.

Beberapa jenis buah sitrus lainnya di antaranya jeruk Bali dan lemon. Hindari konsumsinya saat perut terasa tidak enak.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *