Tips Merawat Kulit di Usia Remaja

Hormon Meningkat, Perawatan Kulit Pada saat Remaja Harus dilakukan dengan cara yang benar

Konten374 Views

Channel Indonesia – Anak remaja memasuki usia yang mengalami masa pubertas sehingga hormon yang ada pada anak remaja semakin meningkat. Hal ini berpengaruh terhadap permasalahan kulitnya seperti komedo, berminyak, berjerawat dan kusam.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah kandungan perawatan kulit orang dewasa dengan remaja sangat berbeda.

“Untuk anak remaja aku saranin untuk pakai satu sampai dua serum dulu untuk permulaan dan pilih yang bahan aktifnya rendah,” ujar Valerie Phoebe, Product Manager Azarine saat ditemui Bisnis di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2023).

Simak tips yang perlu diperhatikan oleh remaja dalam merawat kulit, dikutip Banner Health dan Skinkraft:

1.Jaga rutinitas perawatan kulit Anda tetap sederhana

Cuci wajah Anda dua kali sehari ketika Anda bangun dan sebelum tidur. Anda juga perlu mencuci muka setelah melakukan berbagai kegiatan yang membuat Anda berkeringat. Dalam hal ini, hindari penggunaan waslap atau spons untuk menghindari diri dari iritasi kulit. Bila Anda menggunakan make up sebelumnya, pastikan untuk menggunakan cleanser secara menyeluruh.

2.Gunakan produk yang bebas minyak dan non-komedogenik

Gunakan produk yang tidak akan menyumbat pori-pori. Anda dapat mengecek label “bebas minyak” atau “nonkomedogenik”dalam suatu produk untuk menghindari risiko komedo hitam dan komedo putih yang menyumbat pori-pori. tips merawat wajah tips merawat wajah

3. Atasi jerawat secara langsung Saat usia remaja

timbulnya jerawat merupakan suatu hal yang biasa terjadi. Jika wajah Anda mulai tumbuh jerawat, mulailah dengan menggunakan satu produk untuk mengatasinya. Dalam artian, jerawat diatasi secara langsung, tidak dibiarkan, atau dipencet sehingga tidak menyebabkan bakteri, pori-pori yang tersumbat, minyak, dan peradangan.

4.Cuci sarung bantal dan sprei Anda Selain merawat kulit

Anda juga perlu memastikan bahwa Anda mengganti sarung bantal dan seprai secara teratur karena tumpukan kotoran atau minyak dari lingkungan, kulit, dan rambut Anda akan berpindah ke kulit Anda.

5. Hindari menyentuh, memungut, menggosok, dan menggunakan produk secara berlebihan

Handari melakukan eksfoliasi berlebihan, memencet jerawat, mencuci wajah terlalu sering, mencoba produk jerawat baru setiap minggu karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menimbulkan lebih banyak jerawat sehingga membutuhkan penyembuhan yang lebih lama.

6.Lakukan eksfoliasi sekali seminggu

Untuk menghindari pori-pori tersumbat akibat lonjakan hormon, jagalah agar kulit Anda tetap terkelupas. Carilah produk yang mengandung tanah liat karena memiliki sifat antiseptik dan astringen alami. Adapun eksfoliator kimia yang mengandung AHA dan asam salisilat juga bermanfaat untuk membersihkan pori-pori Anda.

7.Merawat bibir

Anda Sama seperti wajah Anda, bibir Anda juga membutuhkan perawatan. Setiap harinya, Anda perlu mengoleskan pelembab bibir sebelum tidur.

8.Menjaga rutinitas perawatan kulit di malam hari

yang tepat Kulit Anda meremajakan dirinya sendiri saat Anda tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah Anda, menghapus semua sisa-sisa kotoran dan riasan, serta mengoleskan pelembab, pelembab bibir, dan krim tangan sebelum Anda tidur.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *