10 Tips untuk Cerahkan Wajah dan Bikin Wajah Glowing, Bisa Perawatan di Rumah

Mengatasi kulit kusam dan membuat wajah jadi lebih glowing

Headline, Konten209 Views

Channel Indonesia – Memiliki wajah yang terlihat cerah dan glowing membuat anda menjadi lebih percaya diri untuk melakukan aktivitas sehari hari, terlebih lagi untuk anda yang beraktifitas bertemu dengan orang baru setap hari. Memiliki wajah kusam membuat anda jadi tidak percaya diri untuk bertemu dengan orang baru dan bisa jadi hal yang membuat insecure.

Dilema atas permasalahan kulit diatas?permasalahan kulit kusam juga dapat terjadi pada wanita atau pria, wajah yang tampak kusam bisa membuat aura keindahan wajah anda tidak terpancar secara maksimal. Tahukah anda ada 10 tip untuk mengatasi kulit kusam yang dapat dilakukan sendiri di rumah?cari tahu lebih lengkap dalam artikel ini ya!

Apa sih Penyebab Kulit Wajah Terlihat Kusam?

Jika ingin mengatasi wajah yang tampak kusam, anda peru mengetahui terlebih dahulu penyebab wajah terlihat kusam, salah satunya adalah paparan sinar matahari yng berlebihan. Sudah menjadi rahasisa umum jika paparan sinar matahari membuat wajah terlihat lebih kusam dan kerusakan kulit. Selain membuat wajah terlihat kusam, wajah nampak semakin lebih gelap dan paparan sinar matahari menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah.

Selain itu, faktor penyebab kulit kusam adalah tubuh yang mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat berimbas pada kulit yang lifeless, kusam dan tidak bercahaya.

Faktor lain adalah penumpukan sel sel kulit mati yang ada di wajah juga akan menyebabkan wajah terlihat kusam bahkan berjerawat, wajah yang jarang dibersihkan setelah melakukan aktivitas seharian menyebabkan kulit menjadi tidak bersih dan membuat por pori menjadi tersumbat.

Perawatan Kulit Kusam yang Bisa Dilakukan Sehari hari

Tidak ada hasil yang instan untuk mendapatkan wajah yang diimpikan atau wajah yang cerah, semua butuh perwatan yang berkesinambungan untuk hasil yang diharapkan, anda harus melakukan perawatan rutin untuk jika ingin mengatasi kulit kusam yang akan mengganggu penampilan. Ada 10 Tips untuk mengatasi kulit kusam untuk mengembalikan wajah cerah dan glowing.

1 . Gunakan Moisturizer yang Tepat

Karena salah satu penyebab wajah yang terlihat kusam adalah karena kondisi kulit yang kering, maka salah satu langkah perawatan yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan rutin mengaplikasikan moisturizer alias pelembap.

Penggunaan moisturizer menjadi salah satu basic skincare yang dapat membantu mengembalikan kelembapan alami kulit, sehingga wajah terlihat glowing dan sehat. Ada beberapa bahan skincare yang direkomendasikan untuk pemilik kulit kusam. Misalnya saja Hyaluronic Acid yang bekerja ampuh untuk menjaga kesehatan kulit, melembapkan, sekaligus mengatasi masalah kulit kusam.

Selain itu, Niacinamide yang berasal dari Vitamin B3 juga direkomendasikan karena dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan hiperpigmentasi yang bisa menyebabkan kulit tampak kusam.

2 . Rutin Membersihkan Wajah

Rutinitas skincare yang satu ini mungkin terlihat sepele, tapi ternyata sangat penting untuk mendukung wajah yang tampak lebih sehat dan cerah. Siapa nih yang masih malas membersihkan wajah setelah beraktivitas? Tahu nggak sih kalau ternyata malas membersihkan wajah ternyata bisa jadi pemicu kulit yang tampak kusam, lho.

Sisa makeup, kotoran, dan minyak yang menempel pada kulit bisa mengalami penumpukan yang kemudian menyumbat pori-pori. Hal ini dapat membuat wajah tampak lebih kusam. Untuk mengatasinya, mulai saat ini terapkan kebiasaan double cleansing yang dapat membantu membersihkan kulit dengan maksimal.

Setelah beraktivitas, bersihkan wajah dengan bantuan facial cleanser atau micellar water. Selanjutnya, cuci wajah dengan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit. Dengan membersihkan wajah secara rutin, artinya kamu meminimalisir masalah kulit kusam yang mengganggu penampilan.

3 . Basuh Wajah dengan Air Dingin

Ternyata, suhu air saat mencuci wajah juga perlu diperhatikan dengan baik. Hindari membasuh wajah dengan air panas karena bisa membuat wajah terlihat kusam. Jadi, air panas dapat membuat pori-pori terbuka serta kulit kering. Hal tersebut memicu produksi minyak alami berlebih sehingga wajah bisa terlihat kusam.

Biasakan untuk membasuh wajah dengan air dingin yang berperan untuk menutup pori-pori kulit. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepukkan secara perlahan dan jangan digosok. Hal ini penting untuk mencegah kulit mengalami iritasi.

4. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Bagi yang sering beraktivitas outdoor karena padatnya kegiatan sehari-hari, paparan sinar matahari memang bisa jadi tantangan tersendiri. Nggak hanya panas dan bikin gerah saja, tapi radiasinya juga bisa menyebabkan kulit wajah tampak kusam yang mengganggu penampilan.

Jika kamu memiliki banyak aktivitas yang mengharuskan berada di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen yang bekerja sebagai pelindung kulit. Aplikasikan sunscreen 15 menit sebelum keluar rumah dan jangan lupa untuk menggunakannya ulang setiap 2 jam sekali demi memberikan perlindungan yang maksimal.

Penggunaan sunscreen itu wajib banget jika ingin mengembalikan wajah glowing. Pasalnya, radiasi sinar matahari itu nggak hanya bisa berefek pada kulit saat berada di luar ruangan saja. Radiasi UV juga bisa menembus kaca hingga masuk ke dalam ruangan dan tetap bisa menimbulkan efek bahkan saat cuaca mendung sekalipun.

5. Lakukan Eksfoliasi Kulit Secara Berkala

Kulit yang tampak kusam juga bisa terjadi karena penumpukan sel kulit mati yang ada di permukaan wajah. Pada dasarnya, kulit mengalami regenerasi atau pergantian sel kulit yang rusak dan mati secara alami dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Namun, ada kalanya sel kulit yang sudah mati ini nggak bisa terangkat dengan baik sehingga menumpuk di permukaan kulit. Efeknya adalah wajah yang terlihat kusam.

Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit secara berkala dengan bahan-bahan yang dianjurkan. Bagi pemilik kulit normal dan berminyak, eksfoliasi dengan butiran scrub lembut dapat menjadi pilihan untuk mengangkat kulit mati yang menumpuk. Namun bagi pemilik kulit kering dan sensitif, kamu bisa memanfaatkan produk chemical exfoliator yang mengandung AHA, BHA, atau PHA yang merangsang pengelupasan sel kulit secara alami.

6. Maksimalkan dengan Serum Pencerah

Tips mengatasi kulit kusam lainnya yang bisa dicoba di rumah adalah dengan memanfaatkan serum pencerah. Serum sendiri merupakan salah satu produk skincare yang berperan untuk mengatasi masalah kulit secara spesifik dan sesuai target. Bagi pemilik kulit kusam, serum pencerah merupakan alternatif perawatan wajah yang bisa dicoba.

Salah satu kandungan paling terkenal yang ada dalam serum pencerah adalah Vitamin C. Formula yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Misalnya saja kaya kandungan antioksidan yang berperan untuk memelihara kesehatan kulit, merangsang perbaikan sel kulit yang rusak, serta meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat kulit tetap elastis dan kenyal. Vitamin C juga dapat mengatasi masalah kulit yang tampak kusam, hiperpigmentasi, hingga bekas jerawat yang mengganggu penampilan.

7. Lakukan Perawatan dengan Masker Wajah

Tips mengatasi kulit kusam yang bisa diterapkan di rumah selanjutnya adalah dengan rutin  melakukan perawatan menggunakan masker wajah. Rutinitas perawatan yang satu ini bukan termasuk perawatan harian, namun bisa kamu lakukan setiap minggu. Kamu bisa memilih jenis sheet mask yang kaya kandungan serum untuk membantu membuat kulit lebih cerah dan glowing.

Selain produk masker ready to use, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar untuk mengembalikan kecerahan wajah secara alami, lho. Misalnya saja masker alpukat yang kaya lemak sehat, vitamin B, dan kalium yang dipercaya dapat menjaga kelembapan dan mencerahkan kulit.

Untuk membuat masker alpukat juga cukup mudah. Ambil isi dari setengah buah alpukat, tambahkan 1 butir putih telur, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah hingga merata, tunggu sampai 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

8.Olahraga Rutin

Perawatan untuk mengatasi kulit kusam nggak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai produk kecantikan saja. Olahraga secara rutin juga bisa membantu menjaga mengembalikan kecerahan kulit secara alami, sehingga kamu bisa kembali memancarkan kecantikanmu. Kok bisa sih?

Gerakan tubuh yang dilakukan saat olahraga dapat memicu aliran darah jadi lebih lancar. Hal ini bisa membuat kulit wajah terlihat lebih berseri karena aliran darah di area wajah terpompa dengan baik. Nggak hanya itu saja, keringat yang keluar dari pori-pori kulit juga dapat membantu menghilangkan sumbatan pada pori-pori wajah. Hasilnya adalah kulit yang tampak lebih bersih, sehat, dan bercahaya yang membuatmu bisa lebih percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

9. Perhatikan Asupan Air Putih

Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi karena hal tersebut bisa jadi salah satu penyebab kulit kusam yang mengganggu penampilan. Jika ingin menerapkan tips mengatasi kulit kering yang ampuh dan mudah dilakukan di rumah, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih harian.

Idealnya, minum air putih 8 gelas sehari untuk menjaga hidrasi tubuh dengan baik yang juga membantu sistem metabolisme tubuh. Selain itu, asupan air putih juga sangat baik untuk menghidrasi kulit sehingga membuat wajah terlihat lembap dan sehat, bebas dari masalah kusam yang membuat penampilan jadi kurang oke.

10. Pola Diet yang Tepat

Kulit kusam juga bisa disebabkan oleh pola diet sehari-hari, lho. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak ternyata juga bisa mempengaruhi produksi minyak alami pada wajah. Produksi minyak yang meningkat inilah yang kemudian memicu wajah jadi terlihat sangat berminyak sehingga kulit pun terlihat kusam dan nggak bercahaya.

Saatnya menerapkan tips mengatasi kulit kusam yang ampuh dari dalam, yaitu dengan menerapkan pola diet yang tepat. Perbanyak asupan makanan yang dapat membantu mencerahkan kulit, misalnya saja wortel. Kandungan vitamin A di dalamnya nggak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, tapi juga dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan tampak cerah.

Selain itu, konsumsi ikan sehat seperti salmon, tuna, atau herring dapat memenuhi asupan asam lemak Omega 3. Asupan yang satu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit agar tampak lembap dan glowing. Kekurangan asam lemak Omega 3 bisa jadi salah satu pemicu kulit kering dan kusam.

Beberapa tips mengatasi kulit kusam di atas ternyata sangat mudah dilakukan di rumah, bukan? Pastikan untuk menerapkannya secara rutin untuk mendapatkan hasil kulit sehat, cerah, dan glowing impian. Selamat mencoba! (Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *