5 Makanan dengan Kadar Gula yang Tinggi, Penyebab Diabetes!

makanan yang memilki kadar gula tinggi, yang akan menyebabkan diabetes

Headline, Konten307 Views

Channel Indonesia – Kadar gula darah yang ada di dalam tubuh anda harus tetap ter kontrol. Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan makanan yang anda konsumsi sehari hari.

Jenis makanan yang anda pilih kemungkinan besar akan menjadi faktor penyebab terkena diabetes tipe 2.

Studi yang dimuat dalam jurnal yang diterbitkan European Journal of Nutrition menemukan bahwa diet yang banyak mengonsumsi junk food seperti minuman ringan, kentang goreng, dan keripik dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 70 persen.

“Jika seseorang ingin mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, perubahan pola makan harus menjadi bagian dari strategi, bersama dengan olahraga dan manajemen stres,” kata Isaac Eliaz, direktur medis di Amitabha Medical Clinic California dikutip dari Healthline.

Untuk menghindari faktor yang menyebabkan diabetes. Ada 5 jenis makanan yang menyebabkan diabetes diantaranya adalah:

1 .Makanan cepat saji

Berbagai makanan cepat saji tinggi akan karbohidrat sehingga menyebabkan kenaikan gula darah anda. Dibanding dengan karbohidrat yang lebih sehat makanan yang mengandung karbohidrat olahan akan menaikan gula dara lebih cepat.

Oleh karena itu, makanan cepat saji tidak memiliki nilai gizi, hanya dipenuhi oleh lemak dan kalori. Hal ini memicu kenaikan gula darah anda.

2. Sumber Karbohidrat Olahan

Sumber karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta dapat meningkatkan kadar gula darah. Karbohidrat ini umumnya rendah serat sehingga berdampak negatif terhadap gula darah.

Sebaiknya konsumsi karbohidrat dari biji-bijian utuh yang kaya akan serat sehingga baik untuk gula darah.

3. Minuman Berpemanis

Minuman Berpemanis yang dimaksud adalah seperti minuman Jus Buah, es teh manism dan soda yang mengandung kadar gula tinggi. Oleh karena itu, kadar gula yang tinggi juga tidak diimbangi dengan kandungan gizi yang baik, protein, lemak dan serat menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang akan mengakibatkan diabetes.

4. Daging Merah

Daging merah, baik yang olahan atau tidak, sama-sama terkait dengan diabetes tipe-2.

Sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa 3 ons daging merah per hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2 hingga 19 persen. Sementara konsumsi daging olahan bisa meningkatkan risiko hingga 51 persen.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda beralih pada sumber protein yang mampu meningkatkan kesehatan seperti ikan. Atau, jika Anda ingin merasakan nikmatnya daging merah, Anda bisa mengombinasikannya dengan semangkuk sayur.

5. Lemak trans dan Jenuh

 Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko diabetes tipe-2. Sementara lemak jenuh diketahui mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Lemak jenuh dapat ditemukan di sejumlah sumber makanan seperti daging, mentega, susu, dan keju.

Berbeda dengan lemak jenuh, lemak trans merupakan salah satu bentuk dari lemak tak jenuh yang bisa membawa Anda pada risiko diabetes. Umumnya, lemak trans ditemukan dalam makanan kemasan dan makanan yang digoreng atau dipanggang dengan minyak.

Untuk menghindari lemak trans, Anda bisa menggunakan minyak zaitun saat menggoreng.

Itulah 5 jenis makanan penyebab diabetes. Ada baiknya Anda menghindarinya agar kadar gula darah terkontrol.( Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *