Dijamin Berhasil! 4 Cara Tingkatkan Bisnis Kafe Lukis

4 cara meningkatkan bisnis kafe lukis

Headline, Konten349 Views

Channel Indonesia – Berkunjung ke Kafe sudah tidak monoton lagi, bukan hanya sekedar menikmati secangkir kopi. Namun ada beberapa kafe yang memiliki ciri khas sendiri dan menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjungnya.

Dari tema unik hingga konsep inovatif, kafe-kafe ini berhasil menciptakan suasana yang berbeda, menarik minat pengunjung dari berbagai kalangan.

Jika tidak melakukan inovasi baru, bisnis kafe yang kamu miliki dapat tertinggal. Bagi Anda yang melakukan hal ini, kredit tanpa agunan dapat menjadi jawaban untuk menunjang usaha kafe yang kamu miliki.

Contoh inovasi kafe yang unik antara lain kafe kpop, hingga yang sedang populer yaitu kafe lukis.Kafe lukis merupakan usaha dimana konsumen dapat menikmati minuman dan kudapan sembari melukis.

Semua peralatan lukis telah disediakan oleh kafe bersama paket minuman dan makanan yang ditawarkan. Untuk mengembangkan usaha menjadi kafe lukis, Anda perlu mengetahui kendala dan persiapan.

Kendala yang Sering Dirasakan Pengusaha Kafe, Ketahui Cara Mengatasinya

Kendala dalam menjalankan bisnis dapat datang dari mana saja. Bisa dari faktor internal maupun eksternal, tak terkecuali usaha kafe. Namun, dengan persiapan dan pemecahan masalah yang baik, Anda dapat bertahan sebagai pengusaha.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah kendala yang sering ditemukan ketika menjadi pengusaha:

Kesalahan Target Pasar

Target pasar merupakan elemen yang menentukan keberhasilan suatu usaha, terutama bisnis kafe. Namun, kesalahan sering terjadi saat menganalisis target pasar. Hal ini dapat menjadi kendala jangka panjang pada bisnis jika tidak ditangani.

Lakukan survei atau analisis jika target pasar tidak tepat. Sebab, target pasar sangat penting. Target pasar akan menentukan beberapa komponen penting lain dalam bisnis, seperti konsep, pelayanan, interior, dan masih banyak lagi.

Sebagai contoh, jika target pasar yang dituju adalah orang dewasa, maka konsep, interior, dan menu dapat dibuat lebih expensive. Sebaliknya, jika target pasar adalah kalangan muda, maka konsep kafe yang fun, tidak membosankan, dan modern harus diterapkan.

Perencanaan Modal dan Keuangan

Salah satu tujuan bisnis merupakan mencari keuntungan. Walaupun bisnis kafe yang dijalankan terlihat ramai pengunjung, keuntungan tidak dapat terlihat tanpa pengelolaan keuangan yang baik. Bukan memperoleh keuntungan, hal ini dapat mendatangkan kerugian.

Selain itu, perencanaan keuangan yang baik juga berperan penting untuk dana darurat, biaya sewa gedung, produksi dan masih banyak lagi. Jangan sampai keuntungan tidak dapat menutup kebutuhan pokok untuk menjalankan bisnis.

Sebaiknya, melakukan pembukuan modal dan keuangan dengan rapi dan jelas. Bila perlu memiliki staf keuangan yang berpengalaman. Hal ini sangat penting untuk kemajuan bisnis.

Persaingan bisnis semakin sengit seiring berjalannya waktu. Tidak hanya bersaing dengan kompetitor yang sudah ada, namun potensi timbulnya kompetitor baru juga semakin besar.

Dalam bisnis kafe dapat bertahan dengan memiliki ciri khas dan keunggulan. Contohnya menciptakan tema dan konsep baru seperti kafe lukis, dan beragam ide menarik lainnya. Konsep bisnis yang matang dan unik membuat konsumen lebih mudah mengingatnya.

Hal lain yang akan meningkatkan bisnis kafe anda adalah dengan tidak berdekatan posisi dengan kompetitor anda.

4 Cara Mengembangkan Bisnis Kafe Lukis

Ada banyak cara untuk mengembangkan dan meningkatkan bisnis kafe yang anda miliki, salah satunya dengan membuat inovasi seperti kafe lukis.

Untuk mewujudkannya, perlu mengetahui persiapan dan perlengkapan yang harus dipenuhi berikut ini:

Menyiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Untuk membangun bisnis kafe lukis, kamu perlu menyiapkan peralatan lukis yang lengkap. Peralatan tersebut antara lain kanvas dengan berbagai ukuran, palet, cat lukis, hingga kuas berbagai ukuran.

Kemudian mengatur besar kanvas berdasarkan paket dan harga tertentu. Selain itu, sediakan juga kain untuk mencegah cat berceceran di meja kafe atau lantai.

Dengan peralatan yang lengkap, konsumen dapat mengekspresikan lukisan mereka dengan leluasa.

Menyediakan Tempat yang Nyaman

Jika diperhatikan, banyak kafe yang kurang mempertimbangkan kenyamanan konsumen, terutama dari segi furniture. Padahal, kenyamanan dapat menunjang kegiatan pengunjung di kafe.

Untuk bersantai sembari minum kopi dan melukis, tentunya membutuhkan tempat yang nyaman. Anda dapat mengatur tempat duduk baik pada area indoor ataupun area yang mengusung konsep outdoor.

Hindari penggunaan meja kafe yang terlalu sempit karena kegiatan melukis konsumen akan terganggu. Karena konsumen berpotensi menghabiskan waktu yang lama pada kafe, kamu juga bisa menyiapkan furniture yang fungsional.

Merancang Interior yang Tepat

Agar sesuai dengan konsep kafe lukis, interior bangunan juga perlu direncanakan. Kafe lukis, umumnya menggunakan interior yang terang, luas, fun, dan memiliki suasana yang nyaman.

Jadi, tidak cocok apabila menggunakan konsep yang terlalu formal maupun serius. Selain itu, juga bisa berekspresi pada dinding kafe dengan mengaplikasikan seni mural.

Hal ini sangat menunjang identitas kafe sebagai sarana menyalurkan kreativitas lewat lukisan. Suasana kafe yang semakin artistik akan terasa dengan interior yang kreatif dan menarik.

Mempromosikan Kafe

Setelah semua persiapan dan konsep diterapkan, mulailah mempromosikan kafe pada berbagai platform. Sebab saat ini konsumen cenderung menelusuri sosial media sebelum berkunjung ke suatu tempat. Dengan begitu, mengelola akun resmi kafe adalah hal yang penting.

Dokumentasikan spot menarik pada kafe yang dapat menarik perhatian audiens. Kamu dapat mengunggah interior, promo, hingga keunikan kafe yang dimiliki. Penting juga untuk meminta review dari konsumen untuk menarik banyak pelanggan.

Demikian hal yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis kafe lukis. Semakin unik konsep yang diterapkan dalam suatu kafe, maka besar kemungkinan konsumen tertarik untuk berkunjung.

Banyak bisnis yang kurang berhasil karena persiapan yang tidak matang. Oleh karena itu, segera terapkan beberapa tips di atas untuk kelancaran bisnis yang dimiliki.

Membangun dan mengembangkan bisnis bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan pemikiran yang kreatif dan kritis untuk menyelesaikan rintangan yang ada. Sebab, dalam mengembangkan bisnis, memerlukan sejumlah dana setidaknya Rp200 juta untuk mendukung kelancaran usaha.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *