Ini Bisnis Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia karena Kelezatannya!

Banyaknya kuliner Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan enak

Konten468 Views

Channel Indonesia – Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keberagaman suku bangsa yang membuat Indonesia juga memiliki keanekaragaman kuliner yang tersebar dari barat hingga timur Indonesia.

Banyaknya kuliner Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan enak, membuat kuliner Indonesia dikenal luas hingga mendunia.

Berikut 5 bisnis kuliner Indonesia yang berhasil buka cabang di luar negeri:

1. Martabak Pecenongan

Martabak Pecenongan 78 kini juga bisa dinikmati di Melbourne, Australia. Sejak akhir April 2023, mengutip Instagram resmi martabakpecenongan78australia, pihaknya mengumumkan soft opening di 114 Lygon St, Carlton.

Gerainya lumayan besar, menyatu dengan D’Bakmie yang menjual mie ayam khas Indonesia. Menu martabak manis dan gurih yang ditawarkan cukup beragam. Untuk martabak gurih merupakan martabak telur dengan pilihan isian daging ayam, sapi, atau vegetarian.

Untuk martabak manisnya, ada yang tipis kering (tipker) dan martabak biasa. Variannya martabak cokelat kacang wijen, martabak Ovomaltine, martabak Lotus, hingga martabak Skippy.

Mereka bahkan tak ketinggalan menyajikan menu yang tengah tren yaitu martabak upside down. Pembelian bisa langsung atau via online, www.martabakpecenongan78.au atau Uber Eats. Harganya mulai dari AUD 20 atau sekitar Rp 196 ribu.

2. Kopi Kenangan

Merek kedai kopi lokal Indonesia, Kopi Kenangan berhasil melakukan ekspansi pertamanya ke luar negeri pada Oktober 2022.
Pemilihan ini bukan tanpa alasan karena orang Malaysia dianggap punya kesamaan dengan orang Indonesia yang mau mencoba kuliner-kuliner baru. Gerai pertama Kopi Kenangan di Malaysia ada di Suria KLCC, kemudian menyusul di MyTown Cheras, Pavilion KL, NU Sentral KL, dan Sunway Pyramid.

Untuk menu yang diperkenalkan berupa Kenangan Latte, terinspirasi dari Kopi Kenangan Mantan di Indonesia dan Avocado Coffee yang menggabungkan lezatnya kopi dan alpukat. Selanjutnya Kopi Kenangan juga ingin merambah negara lain untuk membuka cabang.

3. Teguk
Teguk yang dikenal dengan menu minuman harga terjangkau di Indonesia berekspansi ke Amerika Serikat pada September 2022. Membuka cabangnya di 246 Mott Street, SoHo, Manhattan New York, New York.

Di sini mereka mengandalkan boba sebagai menu utamanya. Teguk juga mengklaim diri sebagai salah satu jaringan kedai minuman boba halal terbesar di Asia Tenggara.

Menu yang dihadirkan adalah Black Sugar Boba dan Oreo Boba. Lalu ada juga minuman lain dengan rasa buah dan keju seperti Choco Malt Cheese, Honey Green Tea, dan Thai Tea.

4. Dua Coffee

Sebelumnya terkenal di Cipete, Jakarta Selatan, Dua Coffee juga berekspansi ke Washington DC, Amerika Serikat pada September 2019. Lokasi tepatnya di 923 15th St NW.
Mereka menawarkan aneka minuman kopi dengan harga mulai dari USD 2.45. Selain kopi hitam, ada Cappuccino, Caramel Latte, Flat White, hingga Mint Mocha. Biji kopi yang dipakai tentu saja bersumber dari Indonesia.

Di Indonesia, Dua Coffee didirikan tahun 2016 oleh Omar Karim dan Rinaldi Nurpratama. Nama ‘dua’ ini diambil dari bahasa Arab yang berarti ‘doa’ atau keinginan.

5. Sari Ratu

Di Indonesia, Sari Ratu terkenal sebagai salah satu restoran Padang premium yang punya banyak penggemar. Banyak pejabat Indonesia bahkan gemar makan di sini, termasuk Presiden Jokowi.

Jika kamu ke Kuala Lumpur, Malaysia, kamu juga bisa menemukan Sari Ratu. Lokasi restorannya di 32, Jalan Tun Mohd Fuad 2, Taman Tun Dr Ismail.

Di sini tersedia rendang, ayam gulai, paru goreng, dendeng balado, sate Padang, dan bahkan soto Padang. Beberapa menu ditampilkan di etalase kaca sehingga bisa diintip pengunjung sebelum memesannya.

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *