Nyaman! Duduk di Kursi Dekat Pintu Darurat, Ternyata Ada Persyaratannya

Duduk Di Dekat Pintu Darurat Diberikan Syarat Ketat Oleh Awak Kabin

Headline, Konten373 Views

Channel Indonesia- peristiwa penumpang maskapai penerbangan Asiana Airlines membuka pintu pesawat darurat ketika pesawat sedang ada di udara, pesawat hanya beberapa menit sebelum mendarat di Daegu, Korea Selatan.

Peristiwa yang terjadi pada akhir Mei lalu membuat warga maskapai penerbangan memperketat persyaratan yang kepada penumpang yang akan duduk dekat pintu darurat.

Bahkan, Setelah insiden ini, Asiana Airlines memutuskan untuk berhenti untuk menjual kursi di barisan pint darurat model airbus A321-200 mulai minggu (28/5).

Setelah kejadian itu maskapai penerbangan tidak memperbolehkan sembarang orang untuk duduk di dekat pintu darurat tersebut, dan memperketat persyaratan terhadap penumpang yang akan duduk dekat dengan pintu darurat tersebut.

Dalam sebuah unggahan di akun resmi Instagram PT Angkasa Pura I, @ap_airports, dijelaskan bahwa kursi dekat pintu darurat pesawat harus diduduki penumpang yang memenuhi syarat-syarat tertentu.

Berikut syaratnya yang harus dipenuhi penumpang yang duduk di kursi dekat pintu darurat pesawat.

1. Sehat fisik dan mental untuk membantu awak kabin dalam keadaan darurat.
2. Mampu memahami instruksi darurat secara tertulis maupun lisan.
3. Berusia 15 tahun ke atas.
4. Tidak dalam keadaan hamil.
5. Tidak berpergian dengan bayi.

Bagi kamu yang pernah menduduki kursi dekat dengan pintu darurat, awak kabin pasti akan memberikan instruksi kepada kamu. Diantaranya adalah mengenai cara membuka pintu darurat pesawat apabila terjadi hal hal yang membahayakan penerbangan.

Untuk penumpang pesawat, sebenarnya kursi di dekat pintu darurat lebih nyaman karena memiliki ruang kaki yang lebih luas. Bila memilih duduk di kursi dekat pintu darurat, kamu tentu harus siap dengan tanggung jawab.

Selain mesti siap untuk membantu awak kabin jika dibutuhkan, penumpang yang duduk di kursi dekat pintu darurat juga tidak diperkenankan meletakkan barang di kolong kursi di depan tempat duduk.

Alasannya, karena area tersebut harus steril dari barang-barang. Nah, sekarang sudah tahu kan syarat untuk duduk di kursi dekat pintu darurat pesawat? Jangan lupa untuk diterapkan apabila kamu dapat kesempatan duduk di kursi itu.(Dari berbgai sumber/Annisa)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *