Ini 4 Minuman yang Dapat Atasi Stres ‎dan Kecemasan

Setiap orang pasti pernah merasakan stres, kehilangan semangat, kelelahan, dan merasa cemas pada suatu waktu.

Konten279 Views

Channel Indonesia – Setiap orang pasti pernah merasakan stres, kehilangan semangat, kelelahan, dan merasa cemas pada suatu waktu. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa minuman alami yang dapat membantu mengatasi hal-hal tersebut?.

Rupanya terdapat sejumlah bahan-bahan alami yang ada di sekitar yang memiliki manfaat untuk mengatasi hal tersebut. Karena bahannya yang alami, minuman ini juga aman dikonsumsi tanpa harus memikirkan efek sampingnya.

Berikut minuman tonik alami yang berisi bahan-bahan sehari-hari yang dikenal sebagai solusi ampuh untuk melawan kelelahan, kecemasan, dan stres.

Minuman yang Dapat Membantu Mengatasi Stres ‎dan Kecemasan
1. Jahe

Jahe memiliki manfaat selain sebagai penyedap dalam resep masakan, yaitu dapat  meredakan sakit perut. Rempah satu ini mengandung 14 senyawa bioaktif unik dan sifat antioksidan. Studi menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini dapat mempertajam fungsi kognitif, terutama pada wanita paruh baya, dan bahkan melindungi otak dari kerusakan akibat stres oksidatif

2. Kunyit

Kunyit memiliki popularitas yang tinggi, terutama dalam hal kesehatan mental. Senyawa bioaktif yang ada di dalam kunyit yaitu kurkumin telah dikaitkan dengan pengobatan kecemasan, depresi, dan banyak manfaat lainnya.

Hal ini mungkin karena senyawa tersebut dapat  meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di dalam tubuh.Oleh karena itu, kunyit bisa menjadi tonik yang membantu dalam menjaga kesehatan mental.

3. Matcha

Matcha mengandung flavonoid dan L-theanine, yang secara historis dikenal karena efek relaksasinya. L-theanine meningkatkan pita frekuensi alfa otak, menenangkan pikiran tanpa menyebabkan kantuk.

Dikombinasikan dengan kafein, L-theanine mungkin memiliki efek positif pada suasana hati. Mengingat matcha juga mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi, matcha bisa menjadi tonik yang ampuh untuk mengatasi rasa lelah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari ape dapat berdampak langsung pada kadar gula darah, membantu menjaga energi dan mencegah kelelahan. Selain itu, cuka sari apel juga mengandung mineral penting seperti kalium, yang memiliki korelasi langsung dengan tingkat energi kita. Caranya cukup mudah, campurkan cuka sari apel ke dalam air hangat atau dingin secukupnya, lalu aduk-aduk dan minum.

Ketika sedang mengalami stress, seseorang dapat mengganti kebiasaan minum kafein dengan minuman tonik alami. Selain dapat mengatasi stress dan kecemasan, kita juga dapat merasakan manfaat kesehatan yang luar biasa dari minuman ini. Jadi, cobalah untuk menikmati  segelas minuman alami ini untuk mendapatkan semangat baru dalam hidup.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *