Berikut Beberapa Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Olahraga merupakan semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan dengan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai.

Konten243 Views

Channel Indonesia  – Olahraga merupakan semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan dengan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai. Olahraga adalah suatu kegiatan jasmani yang dilakukan untuk memelihara kesehatan dan memperkuat otot – otot tubuh.

Berbagai jenis olahraga yang dapat  seperti joging, berenang, angkat beban, permainan  dan lain-lain.

Sebelum memulai olahraga, biasanya seseorang disarankan untuk melakukan  pemanasan terlebih dahulu. Latihan pemanasan ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam olahraga.

Latihan ini sangat penting karena bertujuan untuk mempersiapkan tubuh supaya terhindar dari risiko cedera.

Pemanasan ini dapat dilakukan melalui serangkaian gerak ringan seperti peregangan otot, lari di tempat dan lain-lain. Lalu, apa saja manfaat dari latihan pemanasan sebelum olahraga? Berikut beberapa manfaat latihan pemanasan sebelum melakukan olahraga.

Manfaat Latihan Pemanasan
  1. Meminimalisir risiko cedera

Melakukan pemanasan dapat membuat kondisi otot tubuh menjadi lebih lentur dan hangat. Hal ini dikarenakan otot seseorang biasanya masih dalam keadaan kaku dan dingin.  Sehingga apabila melakukan aktivitas berat seperti olahraga sebelum olahraga dapat meningkatkan risiko cedera.

Oleh karena itu, seseorang wajib untuk melakukan latihan pemanasan agar otot tubuh menjadi lentur dan tidak kaku lagi.

  1. Meningkatkan kualitas olahraga

Pemanasan sebelum olahraga sangat baik untuk dilakukan guna menjaga kualitas olahraga seseorang. Pemanasan dapat membuat kondisi fisik dan fokus meningkat sehingga olahraga menjadi lebih berkualitas.

  1. Menjaga kestabilan tulang dan sendi

Latihan pemanasan juga dapat bermanfaat untuk menjaga kestabilan tulang dan sendi seseorang.  Otot yang melakukan latihan fisik ringan akan mengubah kondisi menjadi lebih hangat. Latihan ini juga dapat membantu meningkatkan cairan dalam sendi.

  1. Memperlancar peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat penting latihan pemanasan sebelum olahraga adalah memperlancar peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung.

Pemanasan yang dilakukan secara bertahap sebelum olahraga dapat meningkatkan sistem kardiovaskular dengan menaikkan suhu tubuh dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot.

Ketika aliran darah menjadi lebih lancar, hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan suplai oksigen tersebar dengan baik ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, pemanasan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

  1. Meningkatkan kelenturan

Setelah melakukan latihan pemanasan, tubuh akan berubah menjadi mudah untuk digerakkan. Sedangkan jika tidak, tubuh akan terasa sangat kaku dan sulit untuk beraktivitas berat.

  1. Meningkatkan kesiapan Mental dan Fokus

Pemanasan juga baik untuk meningkatkan kesiapan mental dan fokus kamu, agar dapat berolahraga dengan maksimal, sehingga meningkatkan teknik dan keterampilan.

Pemanasan ini bisa menjadi transisi keadaan atau kondisi perasaan seseorang sebelum latihan fisik berat. Lantaran, latihan fisik berat dapat membuat tubuh merasa lelah.

Pemanasan yang memiliki intensitas lebih rendah daripada olahraga inti membuat mental seseorang jadi lebih terlatih secara bertahap untuk menghadapi rasa lelah tersebut.

Pemanasan dapat membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Kondisi yang rileks membuat mental dan fokus lebih terjaga.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *