Ini 11 Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki, Salah Satunya Mengatasi Sakit Punggung ‎

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang murah dan mudah dilakukan.

Headline, Konten236 Views

Channel Indonesia – Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang murah dan mudah dilakukan. Seseorang tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan jalan kaki. Jalan kaki dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Meskipun termasuk dalam olahraga yang sederhana yang tidak membutuhkan alat untuk melakukannya, jalan kaki memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut ulasannya

11 Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki bagi Kesehatan
1. Mengatasi sakit punggung

Jalan kaki terbukti dapat membantu sistem sirkulasi darah di dalam struktur tulang belakang. Selain itu, rutin jalan kaki juga dapat  memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas yang vital bagi kesehatan tulang belakang.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Ketika seseorang berjalan kaki, maka detak jantungnya akan berdetak lebih cepat yang akan memompa darah ke seluruh tubuh sehingga dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

3. Membantu Otak melepaskan hormon endorfin

Endorfin merupakan sebuah hormon yang mengandung senyawa kimia yang dapat memicu seseorang untuk merasa bahagia. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Endorfin ini disebutkan bisa memberikan efek yang setara dengan 200 kali dari efek yang diberikan oleh morfin, yaitu menimbulkan perasaan bahagia, nyaman dan memberikan energi tambahan

4. Mencegah penyakit diabetes

Jalan kaki juga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini dikarenakan jalan kaki dan olahraga lainnya dapat memicu kerja otot sehingga mampu untuk meningkatkan proses penyerapan glukosa.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Jalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini tentu dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, berjalan kaki sama efektifnya seperti berlari dalam hal pencegahan penyakit jantung dan stroke.

6. Membantu menurunkan berat badan

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respons tubuh terhadap insulin dan dapat mengurangi lemak perut. Berjalan kaki 30 menit sehari bisa membakar 200 kalori per minggunya.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jalan kaki secara rutin dapat membantu meningkatkan jumlah sel kekebalan dalam tubuh. Rutin berjalan kaki juga bisa menurunkan risiko penyakit flu atau demam ringan. Hal ini terjadi karena berjalan kaki dapat membantu kamu untuk meningkatkan imun tubuh sehingga tubuh tidak mudah terpapar virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya, akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga.

 8. Memperbaiki kualitas tidur

Jika sulit tidur pada malam hari, berolahraga rutin dengan jalan kaki dapat menjadi obat mujarab yang perlu untuk dilakukan. Berjalan kaki setiap hari memiliki dampak positif pada kualitas dan lama tidur. Hal ini karena jalan kaki secara alami meningkatkan efek melatonin alias hormon tidur.

Sementara itu, manfaat jalan kaki juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat menyebabkan gangguan tidur yang dialami.

9. Memperbaiki pencernaan

Berjalan kaki 30 menit per hari juga bisa mengurangi risiko kanker usus di masa depan, tetapi juga memperbaiki pencernaan. Saat berjalan kaki badan bergerak ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib.

Kanker usus dicetuskan pula oleh tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan. Studi lain juga menyebutkan peran berjalan kaki terhadap kemungkinan penurunan risiko terkena kanker payudara.

10. Mencegah darah tinggi dan penyakit jantung

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, berjalan kaki sama efektifnya seperti berlari dalam hal pencegahan penyakit jantung dan stroke. Aktivitas ini membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah.

11. Mengurangi stres

Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu, jalan kaki juga membuat tidur jadi lebih nyenyak.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *