Seblak Bukan Jadi Penyebab Asam Lambung Naik, 5 Kebiasaan Buruk Ini Pemicunya

Bukan hanya seblak yang menjadi penyebab naiknya asam lambung. namun 5 kebiasaan berikut ini yang menjadi penyebabnya

Headline, Konten574 Views

Channel Indonesia – Bukan hanya disebabkan oleh telat makan. Akan tetapi, asam lambung bisa disebabkan dengan kebiasaan buruk lainnya.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa kebiasan buruk yang menyebabkan asam lambung naik

Pada umumnya, setiap manusia pernah mengalami yang namanya asam lambung naik. Tetapi, saat asam lambung naik terus menerus kondisi ini dikenal dengan istilah gastroesophageal reflux disease (GERD).

Kondisi ini ditandai dengan naiknya kembali cairan dari lambung ke arah saluran pencernaan atas atau kerongkongan. Akibatnya, dada bisa terasa sesak, sensasi globus atau ada yang mengganjal di tenggorokan, hingga regurgitasi.

Makanan pedas dan yang mengandung asam disebut-sebut sebagai biang kerok naiknya asam lambung. Padahal, pemicu asam lambung naik bukan cuma makanan.
Kebiasaan penyebab asam lambung naik

Naiknya asam lambung boleh jadi masalah yang kompleks. Pasalnya, ada banyak faktor yang jadi penyebab asam lambung naik.

Berikut beberapa kebiasaan penyebab asam lambung naik, merangkum berbagai sumber.

1.Makan tak terkendali

Perut yang terasa sangat kenyang bisa membuat begah dan memicu naiknya asam lambung.

Pasalnya, lambung akan semakin melebar dan menekan katup esofagus bawah saat seseorang makan berlebihan. Akibatnya, timbul sensasi tak mengenakkan di bagian ulu hati ke atas.

2.Makan buru-buru

Makan itu harus dinikmati, maka tak perlu diburu-buru. Kebiasaan makan terlalu cepat bisa membuat sistem pencernaan tidak berfungsi maksimal. Dengan begitu, Anda bisa saja mengalami asam lambung naik.

3.Rebahan setelah makan

Makan memang sering kali bikin tubuh lelah. Namun, Anda tak disarankan langsung merebahkan tubuh setelah makan.

Berbaring membuat posisi lambung dan kerongkongan menjadi sejajar. Posisi ini sangat mudah membuat cairan di lambung mengalir ke kerongkongan.

Usahakan untuk tetap dalam posisi tegak setelah makan. Tunggu 2-3 jam setelah makan jika
4. Pakai baju ketat

Siapa sangka jika batu ketat pun bisa memicu naiknya asam lambung? Baju ketat, terutama yang menekan area perut, bisa memicu asam lambung berbalik ke atas.

Akibatnya, cairan dari makanan yang dimakan sebelumnya akan kembali ke kerongkongan dan memicu sejumlah gejala.

5.’Memelihara’ stres

Stres jadi salah satu penyebab utama asam lambung naik. Beberapa orang bahkan melaporkan bahwa lambungnya akan bergejolak saat stres melanda.

Dalam jangka panjang, stres bisa memperburuk gangguan pada lambung.

Lambung sendiri memang dikenal saling berkaitan dengan kondisi psikis. Lambung bahkan disebut-sebut sebagai ‘otak kedua’.

Demikian beberapa kebiasaan penyebab asam lambung naik. Jangan cuma menghindari makanan tertentu, tapi hindari juga kebiasaan-kebiasaan di atas.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *