Teh Hijau Bermanfaat untuk Kesehatan, Ini Waktu yang Tepat untuk Konsumsi

Manfaat teh hijau untuk kesehatan sangat beragam. Namun, Perhatikan waktu yang tepat untuk mengoptimalkan manfaatnya

Headline, Konten224 Views

Channel Indonesia – Teh hijau merupakan teh yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi teh ini harus di waku yang tepat agar manfaat yang didapatkan juga optimal.

Teh hijau begitu populer sebagai obat tradisional di China dan Jepang selama ribuan tahun. Teh hijau memang tidak menawarkan minuman penuh nutrisi seperti susu. Namun kandungan antioksidan khususnya polifenolnya tinggi.

Dilansir dari Wartawan, secara tradisional teh hijau di China dan India digunakan untuk mengontrol pendarahan, masalah pencernaan, dan mengatur suhu tubuh. Kemudian di dunia modern, teh hijau terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan mencegah stroke.

Faktanya, anda boleh minum teh hijau kapanpun yang anda suka. Akan tetapi, anda akan mendapatkan banyak manfaat jika dikonsumsi di waktu waktu berikut ini :

Pagi Hari

Menikmati teh hijau di pagi hari mampu mendorong fokus dan konsentrasi. Kandungan kafeinnya mampu jadi stimulan sehingga perhatian dan kewaspadaan meningkat.

Meski sama-sama mengandung kafein, teh berbeda dengan kopi. Seperti dilansir dari Healthline, teh hijau mengandung L-theanine yakni asam amino yang memberikan efek menenangkan.

Kafein dan L-theanine akan bekerja sama meningkatkan fungsi otak dan mood tanpa memicu efek samping.

Saat olahraga

Beberapa riset menyarankan minum teh hijau bisa bermanfaat jika diminum sebelum olahraga.

Sebuah studi pada 12 pria menemukan konsumsi teh hijau sebelum olahraga meningkatkan pembakaran lemak hingga 17 persen.

Studi lain pada 13 wanita menunjukkan minum 3 sajian teh hijau sehari sebelum olahraga dan minum 2 jam sebelum olahraga mampu meningkatkan pembakaran lemak.

Setelah sarapan atau makan siang

Ilustrasi Sarapan SehatIlustrasi. Setelah sarapan atau makan siang adalah waktu terbaik minum teh hijau.

Untuk manfaat kesehatan optimal, Anda bisa minum teh hijau satu jam setelah sarapan atau makan siang. Teh hijau pun pas diminum bersama camilan di sela makan berat.

Strategi ini digunakan agar teh hijau tidak memicu masalah pencernaan.

“Minum teh hijau yang tinggi kafein pada perut kosong bisa memicu mual. Pada beberapa orang, terlalu banyak kafein bisa mengakibatkan mulas, gampang marah, tangan gelisah dan detak jantung cepat,” kata ahli gizi Naymbiar Tejashwi, seperti dilaporkan Health Site.(Dari berbagai sumber/Annisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *