Doa Untuk Mendapat Pemimpin yang Baik ‎

Pemimpin merupakan sosok yang penting yang memimpin dalam kehidupan masyarakat

Headline284 Views

Channel Indonesia –  Pemimpin merupakan sosok yang penting yang memimpin dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, menentukan pilihan terhadap para pemimpin nyaris sama dengan menentukan masa depan mereka.

Rakyat Indonesia akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan umum (pemilu) pada awal tahun 2024 mendatang. Karena itu masa menjelang pemilu ini, baik pilpres, pileg, maupun pilkada menjadi  momen yang krusial untuk menentukan pilihan kepada para calon pemimpin yang terbaik.

Selain mencermati dengan akal sehat, menghindari politik uang atau praktik kotor lainnya, semestinya kita juga berikhtiar dengan memanjatkan doa kepada Allah.
untuk itu dalam rangka ikhtiar mendapatkan pemimpin yang baik, dianjurkan bagi umat Islam menghaturkan doa. Meminta kepada Allah agar bangsa ini dipimpin oleh pemimpin-pemimpin yang baik.

Memiliki pemimpin yang baik, bertanggung jawab, jujur dan adil merupakan impian semua orang.

Dalam Islam, disebutkan bahwa seorang pemimpin harus peduli terhadap etika dan moral dan mempunyai sifat amanah. Sedangkan pemimpin yang memiliki sifat tamak, rakus, tidak baik dan adil akan diharamkan oleh Allah SWT surga baginya.

Hal tersebut sebagaimana yang telah dijelaskan pada sebuah hadis berikut.

ماَ مِنْ عَبْدٍ يَسْتَرْعِيْهِ اللَّهُ رَعِيَّةً، يَمُوْتُ يَوْمَ يَمُوْتُ، وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ، إِلاَّ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ

“Tidaklah seorang hamba yang diserahi Allah untuk memimpin rakyat, lalu ia meninggal dunia dalam keadaan curang terhadap rakyatnya, kecuali Allah mengharamkannya masuk surga.” (HR. Imam Bukhari)

Selain harus memiliki sikap baik, jujur, tanggung jawab, amanah dan peduli terhadap etika serta moral, seorang pemimpin juga harus memiliki keahlian dalam menata pemerintahan yang akan membawa rakyatnya pada kesejahteraan dan kestabilan. Baik itu di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, politik dan bidang lainnya.

Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bersabda  “Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah terjadinya kiamat.” (HR. Imam Bukhari)

Doa Agar Mendapat Pemimpin yang Baik

Jika seseorang ingin mendapatkan pemimpin yang baik, adil, bertanggung jawab dan bertakwa maka bacalah doa berikut ini.

اللَّهُمَّ وَلِّ أُمُوْرَنَا خِيَارَنَا ، وَلَا تُوَلُّ أُمُوْرَنَا شِرَارَنَا

Artinya: “Ya Allah! Lantiklah untuk urusan kami (pemerintahan) orang-orang yang terbaik di kalangan kami. Janganlah Engkau lantik untuk urusan kami orang-orang yang terburuk di kalangan kami.” (Ibtihalat Da’awat oleh Yusuf al-Qaradhawi, hlm.68).

اَللُّهُمَّ اجْعَل وَلَا يَتَنَا فِيمَنْ عَاقَكَ وَالْقَاكَ يَا رَبُّ الْعَالَمِينَ

Artinya: “Ya Allah! Jadikanlah kuasa wilayah kami pada orang yang takut kepada-Mu dan bertakwa kepada-Mu, wahai Tuhan yang memelihara dan mentadbirkan sekalian alam.” (Nafahat al-Minbar al-Makki, 1/137)

 

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

Allahumma ashlih wulaa ta umuurinaa, allahumma waffiq hum limaa fiihi shalaa huhum wa shalaa hul islaami walmuslimiin, Allahumma a’inhum ‘alalqiyaami bimahaamihim kamaa amartahum yaa rabbal’aalamiin, Allahumma ab’id ‘anhum bithaanatas suu i wal mufsidiina wa qarrib ilayhim ahlalkhayri wannaashihiina yaa rabbal’aalamiin. Allahumma ashlih wu laata umuuril muslimiina fii kulli makaan.

Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.

Terdapat  juga doa yang dipanjatkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang meminta perlindungan–kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala–dari kepemimpinan orang-orang bodoh, yaitu:

اَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ إِمَارةِ الصِّبْيَانِ وَالسُّفَهَاءِ

Allahumma inni a’udzubika min imaa ratish shibyaani was sufahaa i.

Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan pemimpin yang bodoh.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *