Ini 11 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan, dapat Mencegah Anemia ‎

Sebenarnya bit sendiri bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang disebut Amaranthaceae-Chenopodiaceae,

Konten253 Views

Channel Indonesia – Sebenarnya bit sendiri bukanlah buah, melainkan tanaman umbi-umbian yang disebut Amaranthaceae-Chenopodiaceae, tumbuhan yang masih satu keluarga dengan sayuran lobak, singkong, ubi, dan tanaman lainnya. Namun, karena warnanya yang unik berwarna merah keunguan banyak yang menyebutnya buah.

Banyak orang mengkonsumsi daging buah ini karena memiliki rasa yang cukup manis. Selain itu, daging buah yang memiliki warna mencolok seringkali dijadikan sebagai pewarna makanan.

Bit juga sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan alami karena mengandung beragam nutrisi.Buah ini mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, antioksidan, potassium, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B9. Selain itu, buah bit juga mengandung rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh, dan antioksidan.

Dengan beragam nutrisi yang terkandung didalamnya, buah bit tentu memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat buah bit bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan
 1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah hingga jantung. Oleh sebab itu, perlu untuk mengonsumsi buah dan sayur yang bernutrisi guna mencegah terjadinya hal tersebut. Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan nitrat anorganik dapat mencegah risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan pembentukan oksida nitrat.

Terdapat studi yang menunjukkan fakta bahwa buah bit dapat menurunkan tekanan darah hingga 3-10 mm Hg dalam beberapa jam. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kadar oksida nitrat yang menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan melebar.

2. Menjaga kadar gula darah

Buah bit memiliki kandungan antioksidan berupa asam alpha-lipoic. Nutrisi tersebut efektif mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada pengidap diabetes.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan, bahwa buah bit dapat memperbaiki kadar gula darah pada pengidap obesitas, tetapi cukup mendukung mereka untuk memiliki berat badan ideal.

3. Meningkatkan stamina

Buah bit dapat membantu meningkatkan stamina tubuh agar mampu berolahraga lebih lama karena buah ini mengandung nitrat yang dapat meningkatkan oksigen yang bersirkulasi ke otot. Buah ini juga sering digunakan untuk tujuan meningkatkan stamina saat berolahraga karena adanya kandungan anorganik nitrat. Mengonsumsi buah bit dapat memperbaiki dan meningkatkan performa dalam berlari ataupun bersepeda, meningkatkan stamina, meningkatkan penggunaan oksigen, yang pada intinya dapat menghasilkan performa olahraga yang baik.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Peradangan merupakan salah satu respons yang terbentuk ketika ada benda atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Buah bit dapat bekerja dengan meningkatkan kekebalan tubuh guna mengusir zat tersebut yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Pertambahan usia dapat mengakibatkan penurunan fungsi otak. mengonsumsi buah bit dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak.

Kandungan nitrat pada bit juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mental dengan cara melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menuju otak bisa lebih optimal.

Khasiat ini juga bisa memengaruhi bagian otak yang berkaitan dengan fungsi berpikir, seperti membuat keputusan dan memori kerja. Meski begitu, para peneliti masih harus terus melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ini.

6.  Mengandung antiInflamasi

Buah bit juga mengandung betalains yang memiliki sejumlah sifat antiinflamasi. Inilah yang dapat bermanfaat untuk beberapa aspek kesehatan karena peradangan kronis berkaitan dengan beragam kondisi seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit hati, dan kanker. Terdapat beberapa studi yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah bit dalam waktu tertentu mampu mengurangi beberapa tanda peradangan serta mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman.

 7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah bit membuat buah ini bagus dikonsumsi untuk kesehatan pencernaan. Kandungan serat ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, membuat pencernaan teratur, serta mencegah kondisi pencernaan buruk seperti penyakit radang usus dan divertikulitis.

8. Menjaga kesehatan mata

Buah bit juga memiliki kandungan lutein atau zeaxanthin yang dapat membantu menjaga kesehatan makula dan retina mata. Di dalamnya juga terdapat vitamin C yang mampu menjaga tingkat kelembapan dan mencerahkan penglihatan.

9.  Membantu melawan kanker

Kandungan lain yang terdapat pada buah bit yakni beberapa senyawa yang dapat membantu melawan sel kanker seperti betaine, asam ferulic, rutin, kaempferol, dan asam caffeic. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa ekstrak buah bit mampu memperlambat pembelahan dan pertumbuhan sel kanker. Beberapa studi lain menunjukkan bahwa memiliki kadar betaine yang tinggi dalam darah bisa berkaitan dengan menurunkan risiko sel kanker untuk berkembang.

10. Menjaga kesehatan hati

Buah bit memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin B-6, dan zat besi, yang dipercaya dapat melindungi hati dari inflamasi dan stres oksidatif, serta meningkatkan kinerjanya untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Sebagai informasi, stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara radikal bebas (pro oksidan) dan antioksidan yang dipicu oleh dua kondisi umum, yaitu kurang antioksidan dan kelebihan produksi radikal bebas.

11. Mencegah anemia

Buah bit memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi. Gangguan ini ditandai dengan rasa lelah berlebihan, pusing, sesak napas, sakit kepala, dan peningkatan detak jantung.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *