Musim Hujan Buat WiFi Jadi Sering Lemot, Begini Cara ‎Mengatasinya

Wifi merupakan salah satu teknologi yang sangat penting di era digital ini.

Konten491 Views

Channel Indonesia – Wifi merupakan salah satu teknologi yang sangat penting di era digital ini. Berbagai aktivitas memerlukan koneksi internet yang stabil. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan, streaming video hiburan, pendidikan, menyelesaikan tugas, dan aktivitas berselancar di internet lainnya. Namun, tidak jarang terjadi masalah dengan wifi seperti lemot, lambat, atau koneksi yang tidak stabil.

Internet lemot pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi saat ini segala aktivitas mulai dari pekerjaan, sekolah, hiburan sangat membutuhkan internet. Cara mempercepat WiFi dengan kecepatan ngebut mungkin dibutuhkan banyak orang yang mengeluhkan internet yang lambat.

Apabila Anda kerap mengeluhkan kualitas koneksi WiFi yang lambat kemungkinan ada masalah  pada sambungan WiFi menuju perangkat yang digunakan, mulai dari posisi router yang terkendala banyak penghalang sinyal sehingga sinyal yang lemah atau memang faktor teknologinya.

Hal ini tentu sangat menyebalkan mengingat kualitas internet dari koneksi WiFi biasanya selalu lebih baik dari koneksi internet seluler karena koneksi yang disediakan berasal dari jaringan fiber yang lebih kencang dan stabil.

Hal yang Harus Dilakukan saat WiFi Rumah Lemot waktu Musim Hujan
1.       Refresh router

 Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi wifi lemot akibat hujan adalah dengan merefresh router. Lakukan dengan cara mematikan router dengan mencabut dayanya selama beberapa menit lalu hidupkan kembali

2.       Pasang WiFi di tengah rumah

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal wifi di rumah agar ngebut adalah dengan menaruh router wifi di tengah rumah. Ini perlu dilakukan agar router mempunyai peluang terbaik untuk menjangkau setiap sudut rumah.

3.       Pindahkan router WiFi

Sinyal WiFi bisa saja terhalang oleh beberapa barang yang ada di rumah, seperti lemari, rak buku, hingga dinding. Oleh karena itu, satu cara membuat kecepatan internet meningkat adalah memindahkan router Wifi.

Pindahkan router WiFi ke lokasi yang akan membuat sinyal lebih optimal, yaitu bebas dari penghalang atau cukup dekat dengan perangkat yang terhubung.

Perlu diingat juga, hindari meletakkan router terlalu dekat dengan perangkat lain yang memancarkan gelombang elektromagnetik termasuk oven, microwave, monitor bayi, pemanas listrik, dan remote TV.

4.       Kurangi jumlah perangkat

Selain itu bisa juga dengan mengurangi jumlah perangkat yang digunakan. Dengan melakukannya, router akan bekerja dengan lebih ringan dan lebih cepat sehingga sinyal masalah sinyal lemot pun bisa dihindari.

5.       Ganti password

Cara lain yang bisa dilkaukan adalah dengan mengganti password WiFi secara berkala. Bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Dengan melakukannya, maka orang lain tidak bisa mencuri wifi lagi sehingga router juga bisa bekerja lebih maksimal.

6.       Gunakan repeater

Untuk memperkuat sinyal WiFi rumah juga bisa dengan cara menggunakan repeater. Repeater ini sesuai dengan namanya akan mengambil sinyal WiFi dari router dan ‘mengulanginya’ untuk meningkatkan area jangkauan.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *