Jangan Panik, Ini 3 Cara Perbaiki Remot TV yang Tidak Merespon

Konten530 Views

Channel Indonesia – Terkadang saat ingin mengganti Chanel Talevisi, kita kerap dihadapkan dengan masalah remot TV yang tidak merespon. Namun jangan Panik, jangan khawatir berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi remot yang tidak merespon.

Sebagaimana yang telah diketahui, remot TV merupakan salah satu perangkat yang sangat penting untuk mengontrol televisi dari jarak jauh. Namun, seringkali kita mengalami situasi di mana remot tidak merespons ketika ditekan tombolnya.

Hal ini tentu sangat mengganggu karena pengguna akhirnya tidak bisa memperoleh kenyamanan saat menonton televisi. Oleh sebab itu, masalah tersebut harus segera diatasi.

Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespons
1. Mengganti baterai remot TV

Dalam jangka waktu tertentu, baterai remot TV memang harus diganti dengan yang baru. Akan tetapi, pemilik seringkali lupa untuk menggantinya, sehingga membuat remot tidak bisa digunakan.

2. Membersihkan debu pada tombol, sensor, dan besi penghubung baterai

Tombol yang kotor dapat menjadi salah satu penyebab remot tidak dapat berfungsi. Untuk itu, pemilik perlu membersihkannya dengan hati-hati menggunakan tisu.

Keadaan sensor juga harus dipastikan dalam keadaan bersih. Jika tidak bisa teratasi hanya dengan tisu, maka pemilik dapat melepas baut sensor dan membersihkannya sampai ke dalam.

Selain tombol dan sensor, membersihkan besi penghubung baterai juga sangat diperlukan. Dalam hal ini, pemilik harus membuka tutup tempat baterai diletakkan. Kemudian, bersihkan besi dengan tisu atau cairan anti karat jika memang besi berkarat. Jika sudah dibersihkan, pemilik bisa memeriksanya dengan mengoperasikan remot tersebut.

3. Reset setelan remot TV

Bagi pengguna remot TV universal, diperlukan melakukan reset ulang setelan remot jika tidak dapat merespons saat digunakan. Reset dapat dilakukan  dengan memakai password kode televisi yang baru.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tekan tombol Power untuk menyalakan remot TV.
  • Kemudian tekan pada tombol Menu.
  • Selanjutnya pilih opsi Lock.
  • Lalu masukkan password dan kemudian tekan tombol Enter.
  • Jika sudah terbuka, tekan tombol Mute sebanyak 3 kali.
  • Setelah itu, masukkan password baru untuk remot TV.
  • Selanjutnya pilih opsi Done.
  • Terakhir, periksa kembali untuk memastikan remot sudah bisa digunakan dengan baik.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *