Berikut 6 Tips WiFi Rumah Lemot Jadi Ngebut!

Internet lemot pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Konten352 Views

Channel Indonesia – Internet lemot pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi saat ini segala aktivitas mulai dari pekerjaan, sekolah, hiburan sangat membutuhkan internet. Cara mempercepat WiFi dengan kecepatan ngebut mungkin dibutuhkan banyak orang yang mengeluhkan internet yang lambat.

Apabila Anda kerap mengeluhkan kualitas koneksi WiFi yang lambat kemungkinan ada masalah  pada sambungan WiFi menuju perangkat yang digunakan, mulai dari posisi router yang terkendala banyak penghalang sinyal sehingga sinyal yang lemah atau memang faktor teknologinya.

Hal ini tentu sangat menyebalkan mengingat kualitas internet dari koneksi WiFi biasanya selalu lebih baik dari koneksi internet seluler karena koneksi yang disediakan berasal dari jaringan fiber yang lebih kencang dan stabil.

Berikut 6 tips membuat WiFi rumah yang awalnya lemot menjadi ngebut.

  1. Pasang WiFi di tengah rumah

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal wifi di rumah agar ngebut adalah dengan menaruh router wifi di tengah rumah. Ini perlu dilakukan agar router mempunyai peluang terbaik untuk menjangkau setiap sudut rumah.

  1. Pindahkan router WiFi

Sinyal WiFi bisa saja terhalang oleh beberapa barang yang ada di rumah, seperti lemari, rak buku, hingga dinding. Oleh karena itu, satu cara membuat kecepatan internet meningkat adalah memindahkan router Wifi.

Pindahkan router WiFi ke lokasi yang akan membuat sinyal lebih optimal, yaitu bebas dari penghalang atau cukup dekat dengan perangkat yang terhubung.

Perlu diingat juga, hindari meletakkan router terlalu dekat dengan perangkat lain yang memancarkan gelombang elektromagnetik termasuk oven, microwave, monitor bayi, pemanas listrik, dan remote TV.

  1. Kurangi jumlah perangkat

Selain itu bisa juga dengan mengurangi jumlah perangkat yang digunakan. Dengan melakukannya, router akan bekerja dengan lebih ringan dan lebih cepat sehingga sinyal masalah sinyal lemot pun bisa dihindari.

  1. Gunakan repeater

Untuk memperkuat sinyal WiFi rumah juga bisa dengan cara menggunakan repeater. Repeater ini sesuai dengan namanya akan mengambil sinyal WiFi dari router dan ‘mengulanginya’ untuk meningkatkan area jangkauan.

  1. Ganti password

Cara lain yang bisa dilkaukan adalah dengan mengganti password WiFi secara berkala. Bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Dengan melakukannya, maka orang lain tidak bisa mencuri wifi lagi sehingga router juga bisa bekerja lebih maksimal.

  1. USB Router

Jika router yang digunakan memiliki port USB, maka router dapat melakukan lebih dari sekadar menyiarkan sinyal WiFi. Port USB ini dapat digunakan untuk menghubungkan hard drive eksternal sebagai penyimpanan jaringan untuk semua perangkat yang terhubung di WiFi sehingga memudahkan untuk berbagi konten.

(Dari berbagai sumbe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *