Ini 7 Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan

Air kelapa sering menjadi minuman pilihan yang dikonsumsi untuk melepas dahaga pada saat cuaca sedang panas terik.

Konten294 Views

Channel Indonesia – Air kelapa sering menjadi minuman pilihan yang memberi banyak manfaat saat dikonsumsi untuk melepas dahaga pada saat cuaca sedang panas terik. Jumlah air kelapa yang banyak dapat dijumpai pada kelapa muda yang berwarna hijau. Sementara itu, kelapa tua yang berwarna cokelat umumnya memiliki jumlah air yang cenderung lebih sedikit.

Manfaat air kelapa tidak hanya sekadar untuk menghilangkan rasa haus dahaga saja. Akan tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa mengatasi gejala dehidrasi ringan, ada beragam manfaat air kelapa yang bisa diperoleh

Berikut beberapa manfaat minum air kelapa bagi kesehatan

  1. Melembabkan kulit

Melalui studi tahun 2017, para ilmuwan mengusulkan bahwa air kelapa yang dinilai punya efek antimikroba, bisa dioleskan ke kulit untuk melembabkan kulit dan juga membantu mengobati jerawat.

  1. Menurunkan kolesterol

Penting untuk diketahui, kalau air kelapa sering disebut dapat meminimalisir kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini karena air kelapa terdiri dari 94 persen air dan bebas lemak dan bebas kolesterol. Air kelapa tanpa pemanis dan tidak perlu menambahkan sodium ke dalam tubuh.

  1. Menghidrasi

Air kelapa mempunyai manfaat untuk menghidrasi tubuh, hal ini mengapa air kelapa cukup direkomendasikan diminum saat seseorang menjalani puasa Ramadhan atau puasa lainnya untuk tetap terhidrasi.

Tidak hanya itu sumber elektrolit alami, air kelapa juga membantu kita untuk bisa merasa kenyang lebih lama. Kandungannya rendah kalori, dilengkapi dengan potasium, magnesium, dan vitamin C, jadi setiap gelas air kelapa adalah penambah nutrisi yang mampu menghidrasi.

  1. Kesehatan jantung

Air kelapa ternyata mempunyai kalium, yang bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah. Sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Dibahas lebih lanjut, satu penelitian menunjukkan air kelapa bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Membantu mengontrol gula darah

Minum air kelapa tanpa pemanis sebagai pengganti minuman manis, ternyata bantu pengidap diabetes bisa mengontrol kadar gula darahnya. Studi tahun 2015 dengan melibatkan tikus diabetes, para peneliti mendapati bahwasanya air kelapa menyebabkan peningkatan kontrol gula darah dan penurunan kadar gula darah secara keseluruhan.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat air kelapa dalam menjaga daya tahan tubuh berasal dari sifat antioksidan yang dimilikinya. Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin C yang baik untuk mendukung imunitas tubuh.

Sebuah riset menemukan bahwa sifat antioksidan pada air kelapa mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab penyakit. Namun, tak hanya dengan air kelapa, Anda juga perlu menjalani pola makan sehat, tidur yang cukup, dan mengontrol stres guna memperkuat imunitas tubuh.

  1. Mencegah penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal terjadi ketika zat kimia di dalam urine mengendap dan mengeras membentuk kristal di dalam ginjal. Kondisi ini perlu diwaspadai karena batu ginjal yang telah terbentuk akan menimbulkan rasa sakit ketika dikeluarkan melalui saluran kemih.

Sebuah studi menyebutkan bahwa air kelapa dapat mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini menjadikan air kelapa diyakini efektif untuk mencegah batu ginjal.

 

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *