Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Berdecit Pintu Mobil

Selain dapat mengganggu kenyamanan pengendara, pintu mobil berdecit juga dapat mengindikasikan adanya masalah pada bagian-bagian pintu mobil.

Konten468 Views

Channel Indonesia – Selain dapat mengganggu kenyamanan pengendara, pintu mobil berdecit juga dapat mengindikasikan adanya masalah pada bagian-bagian pintu mobil. Suara ini mungkin terdengar seperti gesekan atau gemeretak yang tidak menyenangkan, dan bisa merusak pengalaman berkendara pengendara.

Suara berdecit pada pintu mobil merupakan masalah yang umum terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Pintu mobil berdecit biasanya disebabkan oleh gesekan antara berbagai komponen pintu.

Seiring berjalannya waktu, komponen ini dapat mengalami keausan ataupun kerusakan, yang dapat menimbulkan suara berdecit yang sangat mengganggu.

Berikut beberapa penyebab umum mengapa pintu mobil bisa berdecit:
  1. Kotoran dan debu

Debu, dan kotoran lainnya dapat menumpuk di sekitar engsel dan kawat pintu. Hal ini mengakibatkan dapat terjadinya gesekan yang menghasilkan suara berdecit.

  1. Pelumas yang kering

Pelumas pada engsel pintu dan mekanisme penutupan yang mungkin telah kering atau habis. Hal ini dapat meningkatkan gesekan saat pintu digerakkan yang menyebabkan timbulnya suara berdecit yang sangat menggangu.

  1. . Komponen yang longgar atau rusak

Komponen seperti engsel yang longgar atau rusak, karet penutupan pintu yang aus, atau bracket pintu yang kendur dapat menjadi penyebab suara berdecit.

  1. Suhu ekstrem

Suhu ekstrem, seperti dingin yang sangat rendah atau panas yang sangat tinggi, dapat mempengaruhi material pintu dan menyebabkan suara berdecit.

Cara mengatasi pintu mobil yang berdecit
  1. Bersihkan bagian engsel pintu

Salah satu cara untuk mengatasi suara berdecit pada pintu mobil yaitu dengan melakukan pemeliharaan pada engsel pintu.

Engsel pintu yang terbuat dari besi memiliki risiko tersumbat dan mengalami korosi. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya suara berdecit jika kotoran pada engsel pintu yang dibiarkan menumpuk dalam waktu yang lama.

Solusinya sangat sederhana, yaitu dengan membersihkan engsel pintu menggunakan cairan khusus penghilang kotoran ataupun penghilang karat. Oleskan cairan tersebut secara merata pada bagian engsel, kemudian diamkan beberapa saat agar kotoran dapat larut. Setelah itu, bersihkan engsel dengan kain lap.

  1. Ganti karet pintu baru

Biasanya, karet pintu pada mobil mengalami keausan ataupun kekerasan karena faktor penuaan kendaraan. Karet secara alamiah memiliki sifat yang elastis, akan tetapi setelah terpapar sinar matahari dan air dalam waktu yang lama, elastisitasnya dapat berkurang dan karet akan menjadi keras atau kaku.

Hali ini dapat mengakibatkan penurunan efektivitas peredam getaran antara pintu dan bodi mobil, sehingga dapat menyebabkan suara bising pada pintu mobil.

Karet pintu yang telah mengalami keausan biasanya tidak dapat diperbaiki. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggantinya dengan karet pintu yang baru, sehingga suara bising pada pintu mobil dapat dihilangkan.

  1. Mengecek bagian doortrim mobil kendur

Pengecekan doortrim mobil merupakan salah satu metode untuk mengatasi masalah suara berisik pada pintu mobil. Dalam beberapa situasi, suara yang terjadi pada pintu mobil disebabkan oleh ketidakrataan pada salah satu bagian doortrim.

Biasanya, ketidakrataan pada doortrim ini disebabkan karena baut yang telah mengendur. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memeriksa seluruh bagian doortrim pada mobil. Selain itu, juga dapat mengencangkan baut yang terlepas atau menggantinya dengan yang baru jika baut tersebut hilang.

  1. Servis kaca mobil yang kendor

Kaca yang mengendur juga dapat menjadi faktor penyebab pintu mobil mengeluarkan suara berisik. Biasanya, hal ini terjadi karena terdapat baut ataupun komponen pendukung yang mengendur atau lepas pada mekanisme buka-tutup kaca.

Jika hal ini terjadi, dapat menimbulkan suara berisik pada pintu mobil. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah pintu mobil berisik yang disebabkan oleh kaca yang mengendur, langkah yang diperlukan adalah membawa kendaraan ke bengkel yang memiliki spesialis dalam bidang bodi atau kaca mobil. Mereka dapat melakukan pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

  1. Mengganti talang air dengan yang baru

Selain berfungsi sebagai aksesoris mobil, talang air juga dapat berperan dalam mencegah air masuk ke dalam kabin interior mobil. Pemasangan talang air biasanya hanya menggunakan perekat, seperti double tape, sehingga rentan mengendur jika perekatnya sudah tidak efektif.

Setelah talang air mengendur, secara otomatis hal ini dapat menyebabkan timbulnya suara berisik pada bagian pintu mobil. Beberapa pemilik mobil mungkin dapat mengatasinya dengan mengganti perekat yang baru. Akan tetapi ada beberapa yang memilih untuk menggantinya dengan talang air baru yang dilengkapi dengan perekat berkualitas lebih baik.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *