‎8 Cara Ampuh Mengatasi Mobil yang Tidak Bisa Distarter‎

Saat berkendara, apa saja dapat terjadi pada mobil, salah satunya adalah mobil yang tidak bisa distarter

Konten381 Views

Channel Indonesia – Saat berkendara, apa saja dapat terjadi pada mobil, salah satunya adalah mobil yang tidak bisa distarter tapi lampu menyala atau mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh masalah pada sambungan kabel yang kendur atau gangguan fungsi pada alternator dan aki mobil. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi mobil yang tidak bisa distarter? Berikut adalah hal yang harus dilakukan bila mobil tidak bisa distarter.

Cara ampuh untuk mengatasi mobil tidak dapat distarter.
  1. Cek bensin dan alirannya

Cek terlebih dahulu apakah bensin mobil masih cukup. Selain itu, usahakan juga untuk mengecek aliran bensin ke mesin, apakah tersumbat atau tidak.

Selain itu, cek fuel pump melalui indikator layar Multi Information Display (MID) pada dashboard speedometer, bagian Check Engine menunjukkan kondisi fuel pump. Mesin yang terlalu dingin membuat indikator fuel pump lemah sehingga mobil tidak bisa distarter.

  1. Periksa suhu koil secara rutin

Untuk mengatasi masalah mobil sulit distarter, penting untuk memeriksa suhu koil secara rutin. Pada saat suhu koil mobil terlalu tinggi, mesin dapat mengalami kesulitan untuk dinyalakan, hal ini menjadi penyebab utama mobil mengalami kesulitan starter.

Jadi meskipun sudah distarter tetapi mobil tetap diam, kemungkinan koil mobil mengalami kerusakan dan perlu segera diganti dengan yang baru.

  1. Periksa kesehatan komponen fuel pump

Biasanya, kesulitan starter pada mobil juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada komponen fuel pump, yang berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar.

Jika fuel pump mengalami gangguan, maka mobil dapat mengalami kesulitan saat distarter. Untuk mengatasi masalah ini, periksa kondisi fuel pump melalui multi information display (MID) di dashboard mobil. Informasi terkini tentang fuel pump dapat ditemukan di layar check engine speedometer.

  1. Bersihkan atau ganti busi mobil

Jika kesulitan starter mobil disebabkan oleh masalah pada busi, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa apakah busi terlihat kotor.

Jika busi terlihat kotor, bersihkan busi dengan menggunakan kain. Namun, jika busi sudah berkarat, rusak, atau aus, sebaiknya dibawa ke bengkel untuk segera diganti dengan yang baru.

  1. Periksa kondisi aki mobil

Ketidakmampuan mobil untuk distarter juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada aki mobil. Aki memiliki peran vital dalam sistem kelistrikan mobil, sehingga jika aki mengalami kerusakan, maka tidak hanya proses starter yang terhambat, tetapi komponen lain yang membutuhkan aliran listrik juga dapat mengalami masalah.

Periksa kondisi aki, termasuk kabel koneksi aki, dan perhatikan apakah ada kabel yang kendur. Jika ada, pastikan untuk mengekangkannya dengan melepas, membersihkan, dan memasang kembali dengan kencang. Selain itu, periksa kedua kutub aki dengan melepas kutub positif, lalu bersihkan kotoran yang menempel pada aki.

Setelah membersihkan kutub positif pada mobil, cobalah untuk melakukan pengecekan pada indikator panel instrument. Lihatlah apakah aki dalam keadaan menyala atau tidak.

Jika aki tidak menyala, tandanya komponen tersebut akan mengalami kerusakan atau melemah. Anda perlu mengganti dengan aki baru.

  1. Periksa alternator dan dinamo starter

Penyebab mobil tidak bisa distarter kemungkinan juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada bagian alternator dan dinamo. Biasanya kerusakan dua bagian ini terjadi pada mobil yang telah berusia lebih dari 8 tahun. Jika alternator mengalami kerusakan maka aliran listrik dari aki tidak dapat berjalan atau terhambat.

Alternator memiliki fungsi untuk tetap menjaga tegangan pada daya listrik air aki agar selalu dalam kondisi yang stabil. Ciri-ciri alternator yang akan mengalami disfungsi adalah arus listrik sudah tidak stabil lagi, dan logo aki selalu ON sehingga mobil mendadak sulit dinyalakan.

Sedangkan untuk dinamo sendiri memiliki fungsi untuk menggerakan mobil agar bisa digunakan. Jika mobil tidak bisa dinyalakan, hal ini dapat menjadi tanda ataupun kemungkinan adanya masalah pada bagian dinamo. Jika mobil yang dimiliki jenis matic, dinamo yang rusak tersebut harus segera diganti dengan membawanya ke bengkel.

Selain itu, pergi ke bengkel untuk mengecek kedua fitur ini, karena dikhawatirkan terdapat kerusakan serius. Jangan sampai dibiarkan begitu saja karena hanya akan memperburuk tingkat kerusakan.

  1. Periksa sekring mobil

Langkah terakhir untuk mengatasi kesulitan starter mobil adalah dengan memeriksa sekring. Ini menjadi langkah terakhir setelah OtoFriends memeriksa aki mobil dan karburator dan keduanya dalam kondisi baik.

Jika aki mobil dan karburator sudah diperiksa dan stabil, mungkin penyebab mobil sulit distarter terletak pada sekring mobil.

Sekring memiliki dua kutub, positif dan negatif, yang terhubung dengan kabel penghubung. Jika kabel penghubung putus, mobil bisa sulit distarter. Solusinya adalah menyatukan kembali kabel tersebut di bengkel mobil terdekat.

Selebihnya, silakan lakukan servis ke bengkel untuk membersihkan fuel pump yang kotor atau untuk kalibrasi ulang.

  1. Membersihkan Karburator Secara Rutin

Selain itu, bagian karburator juga harus Anda bersihkan secara rutin. Karburator yang jarang dibersihkan hanya akan membuat noda dan kotoran menumpuk sehingga menghambat fungsinya.

Akibatnya adalah mobil Anda mendadak tidak bisa dihidupkan. Anda juga bisa membawa mobil ke bengkel untuk membersihkan.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *